Bupati : Jadikan Hardiknas Sebagai Ajang Evaluasi

KATAPANG – Pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2019 yang mengusung tema, Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan. Bupati Bandung H. Dadang M Naser, meminta seluruh insan pendidikan untuk turut mengevaluasi sejauh mana peran pendidikan di Kabupaten Bandung dalam mencerdaskan bangsa.

”Saya mengimbau kepada seluruh komponen daerah, terutama para pemangku kepentingan di bidang pendidikan untuk berpikir kreatif, bertindak konstruktif dan melakukan percepatan pembangunan pendidikan yang berkualitas dan terjangkau,” jelas Dadang saat bertindak selaku Inspektur pada Upacara Hardiknas di SMPN 1 Katapang, Kamis (2/5).

Dirinya berpendapat, pembangunan pendidikan berkualitas sendiri merupakan salah satu target pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) di Kabupaten Bandung.

”Salah satunya adalah dengan menciptakan SDM (Sumber Daya Manusia) yang memiliki pengetahuan dan skill mumpuni, agar siap menghadapi dunia kerja,” katanya.

Dadang menjelaskan, berkenaan dengan peningkatan SDM, Indeks Pembangunan Manusia Kabupaten Bandung tahun 2018 mencapai 71,75 poin, yang salah satunya merupakan kontribusi dari indeks pendidikan yaitu sebanyak 63,71 poin.

”Melihat capaian tersebut, kita juga harus siap dihadapkan pada tantangan era globalisasi dan bonus demografi, dimana kualitas generasi muda harus terus ditingkatkan agar bisa bersaing dengan bangsa lain,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Juhana mengatakan, sejumlah siswa dan pendidik berprestasi mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung. Selain memberikan penghargaan kepada siswa berprestasi, pihaknya juga memberikan penghargaan kepada tenaga pendidik dan kependidikan.

Juhana berharap, penghargaan tersebut dapat mendorong siswa-siswi serta pendidik di Kabupaten Bandung untuk terus meningkatkan kinerjanya menjadi lebih baik lagi.

“Semoga kegiatan seperti ini bisa memotivasi siswa dan pendidik lainnya, untuk berkompetisi dalam mencetak prestasi,” pungkasnya. (yul/rus)

Tinggalkan Balasan