Bupati Berikan Hibah Rp 75 Juta untuk Gudangkahuripan

NGAMPRAH– Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna memberikan bantuan dana hibah untuk Desa Gu­dangkahuripan Kecamatan Lembang sebesar Rp 75 juta.

Bantuan tersebut sebagai bentuk apresiasi kepada Desa Gudangkahuripan Lembang yang telah meles­tarikan budaya sunda.

Bentuk pelestarian itu, De­sa Gudangkahuripan rutin menggelar kesenian sunda pada hari jadinya. Seperti pada Milangkala ke-40 Desa Gudangkahuripan, Minggu (10/3).

“Saya ingin pagelaran kese­nian di Desa Gudangkahuri­pan bisa menjadi destinasi wisata di KBB. Makanya, saya berikan bantuan Rp 75 juta,” kata Umbara.

Umbara pun meminta agar Dinas Pariwisata bisa menganggarkan bantuan un­tuk Desa Gudangkahuripan. “Tolong catat janji bupati ini harus direalisasikan,” tutur Umbara kepada anak buahnya dari dinas pariwisata yang kebetulan hadir.

Kepala Desa Gudangkahu­ripan, Agus Karyana menga­takan, dana hibah yang dibe­rikan Pemerintah Kabupaten Bandung Barat, nantinya bisa digunakan untuk event kesenian yang ada di setiap RW. “Selama ini kami swadaya ketika ada event budaya tan­pa menggunakan dana dari desa,” tandas Agus.

Milangkala ke-40 tahun Desa Gudangkahuripan Lembang menampilkan tiga kesenian dari tiga daerah ya­kni dari Kabupaten Bandung seni terbangan dari daerah Pacet Majalaya, sisingaan berusia 120 tahun dari Paron­gpong, Cigugur Kuda Lumping dan Barongsai. Sementara Desa Gudangkahuripan me­nampilkan jaipongan dan pencak silat. (drx)

Tinggalkan Balasan