Bunda Literasi: Dispusipda Jabar Kreatif dan Inovatif

BANDUNG – Puncak rangkaian Hari Kunjung Perpustakaan 2019 oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusipda) Jawa Barat di gedung Pustaloka, Dispusipda Jabar, berlangsung meriah.

Puncak acara ini sekaligus sebagai hari pemberian penghargaan bagi peserta yang memenangkan lomba-lomba yang diadakan mulai tanggal 10-14 September 2019.

Atalia Praratya, Bunda Literasi Jawa Barat

Bunda Literasi Jawa Barat, Atalia Praratya mengapresiasi kinerja Dispusipda Jawa Barat, terkait dengan hari kunjungan perpustakaan.

Alhamdulillah ini kegiatan yang luar biasa yang digagas oleh Dispusipda Jawa Barat dengan rangkaian yang lengkap sekali saya kira. Sebab, beragam lomba dan program yang digulirkan langsung menyasar ke masyarakat khususnya dari mulai Paud, TK, kemudian SD, SMP, SMA juga mereka terlibat jadi saya kira ini bagus sekali,” papar Atalia usai menutup rangkaian Hari Kunjungan Perpustakaan 2019, Sabtu (14/9).

SEMANGATI PESERTA: Bunda Literasi Jawa Barat Atalia Praratya berfoto bersama sejumlah peserta lomba di Hari Kunjung Perpustakaan

Atalia mengungkapkan, kegiatan ini semakin mendekatkan masyarakat dengan buku. Terlebih, rangkaiannya cukup panjang. Mulai dari Book Park di Ciwalk, hingga Hari Kunjungan Perpustakaan 2019.

”Ini bagus sekali. Mendekatkan masyarakat untuk membaca tidak selalu harus di dalam perpustakaan,” jelasnya.

Atalia sebagai Bunda literasi Jawa Barat mengaku, sangat mendukung kinerja Dispusipda atas kreativfitas dan inovasi yang dilakukan.

Alhamdulillah, respon masyarakat juga cukup baik,” ucapnya.

RANGSANG PRESTASI: Para pemenang berfoto bersama usai penutupan puncak Hari Kunjung Perpustakaan 2019.

Dia berharap, respon baik itu juga makin merangsang para ibu dan ayah untuk mendorong anak-anak supaya gemar membaca di rumah. Mulai dari membacakan dongeng, kemudian juga dimulai dengan berdiskusi terkait dengan buku-buku atau mengajak ke toko buku. ”Termasuk mengajak ke perpustakaan. Itu penting sekali,” tegasnya.

Kepala Dispusipda Jawa Barat, Riadi SKM menuturkan, kegiatan tersebut sebagai inovasi untuk membangkitkan kepedulian masyarakat akan literasi dan mengajak masyarakat mengunjungi perpustakaan.

”Memang harus ada semacam hari kunjung ini, supaya masyarakat lebih gemar membaca. Nah jadi dicanangkanlah Hari Kunjung Perpustakaan. Nah jadi sekarang kita sudah 24 tahun merayakan terus, sama semua perpustakaan di seluruh Indonesia merayakan seperti hari kunjung ini,” ungkap Riadi kepada Jabar Ekspres, di pucak kegiatan Hari Kunjung Perpustakaan, Sabtu (14/8).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan