BNN Lakukan Tes Urine Kepada Ratusan ASN

NGAMPRAH — Ratusan ASN di lingkungan Setda Bandung Barat menjalani tes urine yang digelar oleh BNN Kabupaten Bandung Barat.
Pelaksanaan tes urine tersebut juga atas permintaan Wakil Bupati Bandung Barat, Hengki Kurniawan selaku pembina kepegawaian. Screening tes urine tersebut diikuti 200 orang pegawai yang sebelumnya juga diikuti pegawai dari Dishub dan BKD Bandung Barat.

Kepala BNN Kabupaten Bandung Barat, Sam Naroti Martiana menjelaskan, hingga kini baru sekitar 40 persen ASN Kabupaten Bandung Barat yang sudah menjalani tes urin. Mengingat BNN tidak bisa melakukan screening tanpa permintaan tertulis dari SKPD terkait.

“Tetap harus berdasar pada permintaan. Kalaupun ada ASN yang positif menggunakan narkoba maka akan dilakukan assesment yang mengarah pada rehabilitasi,” ujarnya.

Dari beberapa screening yang telah dilakukannya, tidak sedikit ASN yang dinyatakan positif, hanya saja dikarenakan tengah mengkonsumsi obat untuk penyembuhan penyakit yang dideritanya disertai dengan adanya resep dokter.

“Secara bertahap kita lakukan tes urine secara menyeluruh di lingkungan Pemkab Bandung Barat ini. Bahkan, tahun lalu saja seluruh 16 kecamatan pegawainya sudah kita lakukan tes urine,” terangnya.

Dia menyebutkan, tahun ini BNN telah menyiapkan 2.000 alat tes urine yang siap dilakukan di lingkungan pemerintah daerah dan berbagai lapisan masyarakat lainnya. Ketersediaan alat tes urine ini disesuaikan dengan anggaran yang tersedia baik dari pusat maupun hibah Pemkab.

Di tempat yang sama, Wakil Bupati Bandung Barat, Hengki Kurniawan menambahkan, screening yang dilakukan merupakan bentuk spontanitas sebagai upaya agar ASN Bandung Barat bersih dari narkoba. “Bandung Barat Bersih bukan hanya bersih dari korupsi dan sampah saja, tetapi juga bersih dari narkoba,” tegasnya.

Berdasar pengkuannya, hingga saat ini belum ada laporan dari masyarakat tentang ASN yang terjerat kasus narkoba.

“Alhamdulillah ternyata ASN KBB bisa terbebas dari narkoba. Dan belum ada masyarakat yang melaporkan ke saya terkait permasalahan ini. Target kami memang nol pemakai narkoba,” tandasnya. (drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan