BK DPRD Bandung Barat jadi Contoh Daerah Lain

NGAMPRAH– Badan Kehormatan (BK) DPRD KBB menjadi perconto­han DPRD Lubuklinggau dan DPRD Padang Pa­riaman dalam tata be­racara badan kehorma­tan.

Dua lembaga dewan dari Provinsi Sumatera Barat ini melakukan studi banding yang tu­juannya untuk pening­katan kinerja anggota dewan.

Kunjungan itu diterima unsur pimpinan DPRD dan juga Ketua BK DPRD KBB, Sumarna Suryanin­grat. Menurut Sumarna, Badan Kehormatan mer­upakan alat kelengkapan DPRD lembaga yang berhubungan dengan masalah kehormatan anggota dewan baik itu di DPR RI maupun di DPRD.

Lembaga ini juga dalam keberadaannya untuk menjawab kebutuhan dari adanya arus refor­masi yang menuntut adanya perubahan.

“Keberadaan lembaga ini sangat penting dan strategis dalam melaks­anakan tugas dan fungsi­nya guna mewujudkan pemerintahan yang ber­sih (good and clean go­vernance),” ujar Sumar­na ditemui di sela-sela rapat paripurna DPRD KBB di Grand Hotel Lembang, Selasa (5/3).

Tentunya, sambung Sumarna, tugas dan we­wenang badan kehorma­tan adalah menjaga mar­tabat dan kehormatan anggota DPRD, serta kendala dan upaya badan kehormatan sebagai sa­lah satu alat kelengkapan DPRD dalam menyele­saikan pelanggaran kode etik.

“Alhamdulilah perma­salahan yang timbul di internal DPRD KBB bisa diselesaikan secara mu­syawarah,” tandas po­litisi PDIP ini. (drx)

Tinggalkan Balasan