Bintik Putih pada Mata Bisa Akibatkan Kebutaan

CIMAHI – Bintik putih pada pupil mata sangat berbahaya bagi anak. Sebab, bintik putih itu bisa mengakibatkan tumor ganas pada mata (Retinoblastoma) yang berujung pada kebutaan.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Pratiwi disela-sela acara Gebyar Pemberian Kapsul Vitamin A dan Bulan Penimbangan Balita (BPB) di Kelurahan Pasirkaliki, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi, Senin (19/8).

Pratiwi menjelaskan, salah satu cara untuk mencegah kelainan pada mata anak adalah dengan melakukan skrining
untuk mengetahui sedini mungkin kelainan pada mata anak. Caranya cukup mudah, yakni menggunakan kamera Handphone (Hp) atau senter.

”Tanda awal kelainan ini berupa pupil berwarna putih (leukocoria). Kelainan ini sering ditemukan terlambat sehingga perlu dilakukan skrining untuk deteksi dini Retinoblastoma,” jelas Pratiwi.

Dalam kegiatan pemberian vitamin A dan penimbangan bayi ini, Dinas Kesehatan Kota Cimahi menyasar sebanyak 35.384 Bayi Dibawah Lima Tahun (Balita). Selain tentunya untuk menjaga kesehatan mata dan kekebalan tubuh, pemberian ini juga merupakan bagian dari skrining untuk mendetekai dini kanker pada mata anak melalui ‘White Pupil Campaign.

”Kita sekaligus skrining kebutaan pada Balita. Jadi bisa dicegah sedini mungkin,” ucapnya.

Dikatakan Pratiwi, jika dalam kegiatan kali ini terdeteksi adanya kelainan mata pada anak yakni berupa bintik putih pada bagian mata, maka pihaknya akan langsung merujuk penanganan ke Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung. Sebab, jika tidak segera ditangani sesegera mungkin, khawatir anak itu akan mengalami kebutaan.

”Dirujuk berobat ke Cicendo gratis, ada program dari Kementerian Kesehatan untuk mengadakan operasi mata balita yang diduga ada kanker mata atau kebutaan,” ungkapnya.

Menurut Pratiwi, pihaknya akan melakukan sweeping melalui Posyandu bagi anak yang berhalangan untuk diperiksa di Gebyar Pemberian Vitamin A pada hari berikutnya (hari ini.red).

”Kita juga mengimbau agar semua ibu yang mempunyai Balita untuk senantiasa membawa anaknya ke Posyandu dan memanfaatkan semua fasilitas kesehatan,” ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna mengatakan, kesehatan merupakan investasi Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki kontribusi besar untuk meningkatkan indeks pembangunan manusia. Untuk itu, sangat penting bagi pemerintah untuk menjaga kesehatan manusia sejak balita.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan