Bidang Jasa Masuk E-Katalog

BANDUNG – Untuk mendukung transparansi dalam pengadaan barang dan jasa, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung  mengembangkan Katalog Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Daerah melalui sistem e-Katalog dan e-Purchasing Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Salah satu pengembanganya yaitu memasukan jasa sopir dalam e-Katalog. Sebelumnya, jasa cleaning service, Satpam, dan aspal telah masuk e-Katalog.

“Kita terus kembangkan inovasi kemudahan pelayanan dan pengadaan sehingga efektivitas dan efisiensi pembanguan kota terus berjalan,” ungkap Oded usai menandatangani Kontrak Payung (perjanjian dengan satu atau sejumlah penyedia) Pengadaan barang dan Jasa di lingkungan Pemkot Bandung tahun anggaran 2019 oleh Wali Kota Bandung di Pendopo Kota Bandung,  keamrin (14/1).

Oded mengatakan, penyedia barang jasa di daerah Kota Bandung dapat lebih profesional saat bekerja sama serta berkomitmen memberikan pelayanan terbaik.

“Kita nanti saling ingatkan saja demi kebaikan. Prinsipnya memberikan pelayanan terbaik sehingga kerja sama tersebut akan terus berkesinambungan,” ujar Oded.

Senada dengan Wali Kota Bandung, Kepala Bagian Pelayanan dan Pengadaan (balap) Kota Bandung, Dharmawan menjelaskan Pemkot Bandung akan terus mengupayakan pengembangan e-Katalog.

“Tujuannya agar Pemkot Bandung lebih inovatif, kreatif serta efisien dalam menjalin kerja sama. Sehingga diharapkan memberikan kemudahan,” jelas Doni panggilan akrab Kabag Balap.

Doni menjelaskan, dalam e-Katalog lokal terdapat sistem informasi berbasis elektronik yang memuat daftar, merek, jenis, spesifikasi, harga, dan jumlah ketersediaan suatu barang/jasa dari berbagai penyedia. Semua disusun, dikelola dan dikhususkan untuk memenuhi kebutuhan pengadaan pemerintah daerah.  Katalog lokal merupakan bagian dari sistem e-Katalog LKPP yang memuat katalog nasional, sektoral dan lokal.

“Ke depannya kita akan terus evaluasi dan pemilihan kriteria yang tentunya telah dirumuskan dan diusulkan oleh kepala  OPD terkait,” tambah Doni.

Untuk kategori belanja tenaga Satpam, cleaning service, dan sopir, Pemkot Bandung menjalin kerjasama dengan 22 Perusahaan dan melakukan 31 Kontrak.

Dalam pendatangan tersebut hadir Plt. Sekda Kota Bandung, Ema Sumarna, serta para direktur perusahaan terkait.

Saat ini, produk e-Katalog nasional sudah  lebih dari 90.000 item, yang terdiri dari berbagai barang maupun layanan jasa yang dapat diakses oleh pemerintah pusat maupun daerah. Kemudian dengan e-Katalog daerah ini maka sebagian produk lokal didelegasikan ke daerah sehingga nanti akan terbentuk e-marketplace pemerintah.  (yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan