Bertemu Pimpinan Media, Gubernur–Wagub Paparkan Progres Pembangunan

KOTA BANDUNG – Gubernur Ridwan Kamil bersama Wakil Gubernur Uu Ruzhanul bersilaturahim dengan para pimpinan media, di 18th Floor Trans Luxury Hotel Bandung, Jum’at (6/12/19) petang.

Pimpinan Pemdaprov Jabar dan pimpinan media berdiskusi soal progres pembangunan selama 2019 ini, serta rencana pembangunan 2020.

Gubernur berharap dengan desain anggaran yang murni dirancang pembangunan pada 2020 dapat maksimal.

“Tahun 2020, karena desain anggaan murni dari Saya dan Pak Uu, maka kami harapkan program- program bisa berjalan dengan maksimal,” kata Gubernur yang akrab disapa Emil.

“Tahun pertama adaptasi, tahun kedua akselerasi, tahun ketiga kita panen hasilnya. Intinya untuk 2020, yang bagus- bagus di 2019 kami pertahankan, yang kurang insyaallah kami introspeksi,” tambah dia.

Adapun sepanjang 2019, Gubernur merasa bersyukur karena mayoritas program Jabar Juara sudah menghadirkan perubahan.

“Kemudian desa- desa lebih bergeliat sekarang, ada desa digital, ekonomi desa meningkat oleh OVOP dan lain- lain,” tambahnya.

Begitupun beberapa proyek infrastruktur beberapa sudah berjalan, namun sebagian besar belum selesai pembangunannya. Karena masih terdapat kekurangan- kekurangan.

Sementara urusan Kawasan Bandung Utara (KBU), pada 2020 akan dipertegas dengan pergub yang melibatkan Satgas Citarum Harum dan Badan Otoritas Cekungan Bandung. Sementara gerakan menanam pohon yang konsisten diharapkan menjadi solusi jangka pendek, menengah, maupun jangka panjang.

Pun pada 2019, ada satu hal yang membahagiakan Gubernur, yakni di akhir tahun ini Pemdaprov bisa menyisihkan APBD. Hingga untuk pertama kali, Pemdaprov Jabar melalui Dinas Pendidikan Jabar bisa menggratiskan SPP, untuk siswa SMA/SMK/ negeri. “Swasta juga ada, tapi untuk siswa yang tidak mampu,” ucapnya.

Masih di 2019, lebih dari 80 penghargaan dari dalam dan luar negeri diraih hingga akhir tahun ini. Adapun prestasi yang paling membanggakan bagi Emil adalah penghargaan GovInsider Innovation Awards 2019 di markas Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) Asia Pasifik Bangkok, Thailand, Rabu (16/10/19) lalu.

Saat itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meraih penghargaan sebagai Inspirational Leader di kawasan Asia Pasifik. Kemudian Pemdaprov Jabar melalui Dinas Komunikasi dan Informasi juga menyabet dua penghargaan, yakni Best Adaptation untuk Program Desa Digital dan Best Team Under 35 untuk unit Jabar Digital Service.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan