Berkontribusi Baik , Generasi Muda Diganjar Penghargaan

SOREANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung memberikan sejumlah penghargaan kepada pemuda berprestasi, penghargaan tersebut diberikan dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun 2019.

Bupati Bandung Dadang M. Naser mengatakan, penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi pemerintah daerah kepada mereka karena telah berkontribusi memberikan karya terbaiknya kepada Kabupaten Bandung.

”Hari ini kami memberikan penghargaan kepada juara Prahara Inovasi Pemuda Jabar (Jawa Barat) Agus Akmaludin dan Iden Darmawan. kepada Suci Citra Resmi sebagai Duta Koperasi Jabar, Kirana dan Asri sebagai Pembicara di Economic and Social Council (ECOSOC) Youth Forum,” katanya saat ditemui usai upacara  Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Lapang Upakarti Soreang, Senin (28/10).

Menurut Dadang, pihaknya juga memberikan penghargaan kepada Dwi Putra Erwin Dewantara, Diana Novitasari dan Safrina Nursamsiah sebagai juara seleksi Pemuda Pelopor tingkat Kabupaten Bandung.

”Selain pemuda berprestasi, kami juga memberikan penghargaan kepada Linmas (Perlindungan Masyarakat) Desa Nagrak Kecamatan Cangkuang yang telah berhasil meraih juara 1 untuk lomba Simkamling (Sistem Keamanan Lingkungan) Sabilulungan. Sementara di peringkat ke dua diraih oleh Desa Bojongsoang Kecamatan Bojongsoang dan Alamendah Kecamatan Rancabali menempati posisi ke tiga,” akunya.

Menyoroti tentang lomba siskamling, Bupati mengapresiasi kegiatan yang digagas Satpol PP Kabupaten Bandung tersebut. Pasalnya kondusifitas Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (kamtibmas) menurutnya, memerlukan sinergitas seluruh elemen masyarakat. ”Kita harus selalu waspada dan siap siaga menjaga kamtibmas di lingkungan kita. Para pemuda pun dituntut kepekaan dan kepedulianya, bahwa menjaga kondusifitas wilayah adalah tanggungjawab bersama ,” jelasnya.

Dadang menjelaskan, dengan menggalakkan lagi siskamling, masyarakat termasuk pemuda dapat berperan aktif dalam mendeteksi dini berbagai potensi negatif yang dapat berkembang di lingkungan masing-masing.

”Siskamling sangat besar manfaatnya. Selain memberikan rasa aman dari kehilangan harta benda, juga dapat mewaspadai orang-orang yang baru dikenal, mencegah masuknya paham-paham yang tidak sesuai dengan ideologi Pancasila, mencegah peredaran miras (minuman keras) dan narkoba,” pungkasnya. (rus)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan