Bentuk Mental dan Disiplin, Timnas Pelajar U-15 Kemenpora TC di Pusdikjas

CIMAHI – Tim Nasional (Timnas) Pelajar U-15 Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI lakukan pemusatan latihan di Pusat Pendidikan Jasmani Angkatan Darat (Pusdikjasad) Jalan Pasir Kumeli, Kota Cimahi.

Manajer Timnas Pelajar U-15 Kemnpora, Ray Manurung mengatakan, pemusatan latihan diikuti 22 pemain hasil seleksi yang dilakukan Badan Sepakbila Pelajar Indonesia (Blispi). Mereka akan dilatih langsung oleh legenda sepak bola Indonesia, Aples Gideon Tecauri.

“Sebelumnya kami membawa 40 pemain dan melakukan pemusatan latihan di Pusdikif pada bulan lalu. Dari hasil seleksi dan TC kemarin terpilih 22 pemain. Mereka akan mengikuti pemusatan latihan selama lima hari, yang dimulai Rabu (20/3) hingga Minggu (25/3),” Kata Ray, disela-sela latihan, di lapang Pusdikjasad, Jalan Pasir Kumeli, Kelurahan Baros Kecamata Cimahi Tengah, Rabu (20/3).

Menurutnya, pemusatan latihan dilaksanakan sebagai persiapan mengikuti turnamen Internasional Ibed Cup Estoril di Porrugal yang akan digelar 1-7 Juli 2019 dan diikuti oleh akademi sepak bola internasional seperti akademi sepak bola Juventus, Real Madrid, Mancheseter City, Manchester United dan lain-lain

“Rencananya kami berangkat tanggal 25 Juni, satu Minggu sebelum turnamen untuk penyesuaian cuaca,” ujarnya.

Ray menuturkan, saat ini pihaknya tidak menargetkan terlalu jauh, namun ia tetap berharap para pemain Timnas Pelajar U-15 bisa menampilkan permainan terbaiknya. Selain itu, sesuai kesepakatan dengan Kemenpora RI, mininaml para pemain masa depan sepak bola Indonesia ini bisa mendapat pembinaan dan wawasan seluas-luasnya.

“Target kita pertama, secara teknis ada peningkatan dan mentalnya terasah. Untuk itu, kita naikan ke level pertandingan tertinggi di dunia untuk usia 15 tahun,” tuturnya.

Terkait pemilihan tempat pemusatan latihan di lingkungan militer, Ray menjelaskan, hal itu dilakukan agar sikap disiplin dengan mental yang kuat dari para anggota TNI bisa diterapkan kepada para pemain. Sehingga para pemain akan mempunyai mental yang terasah dan terbentuk kedisiplinannya.p

Untuk menaikan mental itu, maka pihaknya memilih pemusatan latihan di lingkungan militer seperti Pusdiklat Kodiklat. Sebab, selain mental yang terasah, para pemain juga diharapkan komitmennya terbentuk dan terbangun kedisiplinannya.

“Tentara bukanlah sesuatu yang menakutkan tapi sangat menyenangkan dan bisa membentu karakter kita semua,” pungkasnya.(ziz)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan