Bandung Layak Dicontoh

BANDUNG– Menteri Per­hubungan RI, Budi Karya Sumadi menyatakan, Kota Bandung patut menjadi con­toh menjaga budaya meng­gunakan angkutan umum. Angkutan umum di Kota Bandung dapat melayani pe­numpang dengan baik.

Budi melontarkan itu usai inspeksi ke Terminal Leuwi­panjang, Selasa (7/5/2019). Ia cukup tenang melihat hasil uji fisik bus yang beroperasi dan tidak ditemukan masalah.

”Saya datang ke Bandung memeriksa bus. Busnya bagus dan rata-rata penumpangnya juga cukup bagus. Bandung bisa jadi contoh penggunaan bus secara efektif,” ucap Budi.

Budi menilai, masih banya­knya penumpang di Terminal Leuwipanjang menjadi indi­kator kesadaran masyarakat Kota Bandung menggunakan transportasi umum cukup tinggi.

“Gunakan bus sebagai ang­kutan massal. Jangan meng­gunakan angkutan pribadi. Selain menimbulkan kema­cetan juga kurang baik se­cara ekonomi. Penduduk Bandung senang pakai bus. Bandung bisa jadi contoh. Nanti kita terapkan di kota lain,” ujarnya.

Demi menjaga keamanan dan kenyamanan penumpang, sambung Budi, pihaknya ber­sama Pemerintah Kota (Pem­kot) Bandung secara berkala akan memeriksa bus. Terlebih menjelang lebaran 2019 ini.

Selain itu, sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 ten­tang Pemerintah Daerah, pengelolaan Terminal Leu­wipanjang dipegang oleh pemerintah pusat. Untuk itu, Kementerian Peru­bungan akan segera mer­enovasi terminal.

“Terminal ini akan disera­hkan ke Kementerian tahun depan. Kita akan bangun su­paya lebih representatif supaya masyarakat lebih nya­man,” akunya.

Sementara itu, Wali Kota Bandung, Oded M. Danial menyatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) tidak akan lengah dalam menjaga ke­laikan bus menjelang lebaran ini. Ia pun sudah mengin­struksikan Dinas Perhubung­an (Dishub) Kota Bandung untuk lebih teliti saat meme­riksa kelaikan bus.

“Kami harus konsisten memeriksa kendaraan. Bus harus sehat,” tegas Oded. (mg1/drx)

Tinggalkan Balasan