Bandung Barat Berangkatkan 1.129 Calon Jamaah Haji

NGAMPRAH– Kabupaten Bandung Barat tahun ini memberangkatkan 1.129 calon jamaah haji yang terbagi dalam 3 kelompok terbang (kloter) yang mulai diberangkatkan pada 23 Juli mendatang.

“Hingga 24 Juni lalu, pendaftar calon jamaah haji asal Bandung Barat mencapai 16.891 orang, itu berarti waiting list jamaah yang menunggu pemberangkatan mencapai 16 tahun. Tapi, tahun ini diberangkatkan sebanyak 1.129 orang,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bandung Barat yang juga Kepala Staf Penyelenggara Haji dan Umroh Kabupaten Bandung Barat, Ahmad Sanukri di Ngamprah, kemarin.

Menurutnya, keberangkatan haji tahun ini disesuaikan dengan kuota haji yang diberikan pemerintah Arab Saudi. “Kan tidak ada tambahan setiap tahunnya dari pemerintah Arab Saudi. Sehingga secara bertahap dan harus bersabar menunggu,” ujarnya.

Menanggapi tingginya antusias masyarakat dan lamanya daftar tunggu para calon jamaah haji, Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna berharap, Pemerintah Arab Saudi dapat memberikan tambahan kuota untuk Indonesia, sehingga daftar tunggu para calon jamaah haji bisa lebih cepat.

“Setiap tahunnya masyarakat yang mendaftar untuk menjadi jamaah haji terus bertambah, meskipun daftar tunggunya sangat lama. Mudah-mudahan saja di tahun yang akan datang, Indonesia mendapatkan tambahan kuota,” tandasnya. (drx)

Tinggalkan Balasan