Atalia Ridwan Kamil Sebut Pengembangan Diri Remaja Perlu Diperhatikan

BANDUNG – Ketua Umum Jabar Bergerak yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat Atalia Ridwan Kamil mengatakan, remaja akan mengalami perubahan fundamental, yang meliputi aspek koginitif, emosi, sosial, dan pencapaian, secara cepat.

Oleh karena itu, Atalia menyatakan bahwa program-program pengembangan diri remaja, seperti Generasi Berencana (GenRe) dan PIK R (Pusat Informasi dan Konseling Remaja), penting untuk direalisasikan.

”Menjadi generasi berencana itu tidak mudah, tetapi harus dilakukan bersama-sama. Karena sebagian remaja mampu mengatasi transisi dengan baik, namun beberapa remaja bisa jadi mengalami penurunan pada kondisi psikis, fisiologis, dan sosial,” kata Atalia dalam acara Gema Akbar 4.0 di SMAN 1 Bandung, Kota Bandung, Rabu (20/11).

”Ini penting sekali dan harus berkelanjutan. Dalam artian kegiatan yang sudah sekali dilakukan itu harus dilakukan secara berjenjang baik di sekolahnya masing-masing maupun di tempat lain,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Atalia memaparkan tiga hal yang dapat menggagalkan cita-cita sesorang, yakni narkoba, seks bebas, dan pernikahan usia dini. Maka itu, kata dia, generasi muda Jabar harus menghidari tiga hal tersebut.

”Saya yakin kalian punya cita-cita dan mimpi, saya ingin kalian punya cita-cita yang tidak mainstream,” paparnya.

”Cita-cita tidak akan bisa didapat kalau kalian salah langkah. Tugas untuk kita semua adalah pengetahuan, dan cuma kita sendiri yang bisa menjaga diri sendiri. Untuk itu, tetapkan dalam hati kita supaya kita terbebas dari marabahaya, yaitu ketahui pengetahuan dari awal dan langkah yang tepat kedepan,” ucap Atalia mengakhiri.(rls/ziz)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan