Atalia Kamil Ajak Mayarakat Cegah Stunting Melalui Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun

NGAMPRAH– Kampung Babakan Pasir Angin, Desa Ciburuy, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) dipilih menjadi lokasi perayaan Hari Cuci Tangan Sedunia tahun 2019 yang digelar oleh Lifebuoy. Perayaan tersebut dihadiri langsung Atalia Praratya, istri dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Tim Penggerak PKK Jawa Barat dan puluhan anak-anak dengan mengangkat tema ‘Antar Anak Sehat Indonesia’. Lifebuoy memperkuat komitmennya untuk mengedukasi pentingnya kebiasaan cuci tangan pakai sabun sebagai salah satu upaya untuk mencegah stunting pada anak.

drg. Ratu Mirah Afifah GCClinDent., MDSC, Head of Health, Wellbeing and Professional Institution Unilever Indonesia Foundation mengatakan, acara yang digelar di Ciburuy merupakan rangkaian Mothers Programme di 8 Kabupaten di Jawa Barat yang tujuanya adalah untuk menekankan pencegahan stunting pada anak. Menurutnya, TP PKK Provinsi Jawa Barat, dilaksanakan pada kegiatan SIARAN KELILING (SARLING) di Posyandu Mawar 15, Desa Ciburuy, Kecamatan Padalarang.

FOTO BERSAMA: Ketua TP PKK Jawa Barat, Atalia Praratya saat menghadiri acara Perayaan Hari Cuci Tangan Sedunia di Padalarang (Foto: Istimewa)
“Di Indonesia, Lifebuoy menargetkan untuk menjangkau lebih dari 100 juta tangan sehat di tahun 2020. Hingga 2019, edukasi cuci tangan pakai sabun oleh Lifebuoy sudah menjangkau 99 juta tangan sehat. Bekerjasama dengan TP PKK Pusat pada tiga tahun terakhir, Mothers Programme oleh Lifebuoy telah menjangkau lebih dari 500.000 ibu di Indonesia termasuk di kampung Ciburuy ini,” kata Ratu Mirah, di Padalarang, Rabu (16/10/2019).

Maulani Affandi, Head of Skin Cleansing and Baby Unilever Indonesia menambahkan, “Selama hampir 86 tahun, Lifebouy sudah menjadi bagian dari keluarga Indonesia untuk melindungi mereka dari kuman. Di Hari Cuci Tangan Sedunia tahun ini, Lifebuoy ingin menciptakan lingkungan yang sehat khususnya bagi anak. Berdasarkan data dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) pada tahun 2018, tercatat ada 29,9% atau 2,7 juta balita di Jawa Barat yang terkena stunting. Oleh karena itu, diperlukan usaha untuk meningkatkan PHBS salah satunya cuci tangan pakai sabun sebagai salah satu tindakan preventif dalam pemeliharaan kesehatan dan pencegahan risiko akan dampak stunting,” katanya seraya menyebutkan edukasi cuci tangan pakai sabun oleh Lifebuoy, sudah menjangkau 1 miliar orang di dunia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan