ASN Diminta Lebih Peduli Terhadap Dompet Sosial untuk Pramuka

NGAMPRAH– Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Bandung Barat diimbau untuk lebih peduli terhadap dompet sosial dalam upaya mendorong program kegiatan pramuka. Hal itu disampaikan Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna usai melaunching Dompet Peduli Sosial Kwarcab Pramuka KBB pada Acara Tasyakuran Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka Tingkat KBB ke-58 di Aula HBS Jalan Raya Cimareme, Rabu (16/10).

Dalam kegiatan tersebut, Aa Umbara sangat mengapresiasi gerakan sosial yang dilakukan Kwarcab Gerakan Pramuka KBB. Sebab, Kwarcab Gerakan Pramuka KBB berhasil membuka rekening bank Peduli Dompet Sosial selama dua bulan belakangan dengan dana terkumpul per-16 Oktober 2019 sekitar Rp 13.567.000. “Bapak sangat mengapresiasi Dompet Peduli Sosial yang digagas Kwarcab ini. Bapak mengimbau pada seluruh ASN untuk memiliki kepedulian dengan program ini,” kata Aa Umbara.

Aa Umbara menyebutkan, ASN yang ada di lingkungan Pemkab Bandung Barat mencapai 8.000-an orang. Jika mereka menyisihkan hartanya Rp 50.000/bulannya, maka Dompet Peduli Sosial Kwarcab bisa mencapai Rp 40.000.000/bulan. Jumlah tersebut bakal besar lagi jika ditambah sumbangan masyarakat lainnya. Aa Umbara meyakini, Dompet Peduli Sosial yang digagas Pramuka tersebut, bisa membantu meringankan beban masyarakat tidak mampu.

Kendati para ASN ini, sudah mengumpulkan zakat profesi setiap bulannya, namun kata Aa Umbara tidak ada salahnya jika ikut bersedekah melalui program Dompet Sosial ini. “Nggak usah besar-besar juga, kalau yang nyumbangnya banyak lumayan bisa terkumpul dana yang banyak juga. Saya berharap Dompet ini, bulan depan jumlahnya berlipat,” kata Aa Umbara yang juga merangkap jabatan sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka KBB.

Sementara, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka KBB, Aseng Junaedi menjelaskan, Dompet Peduli Sosial Gerakan Pramuka merupakan salah satu program sosial Kwarcab. Dia sangat berterima kasih serta mengapresiasi yang disampaikan Bupati pada program tersebut. “Alhamdulillah, program pramuka di KBB selalu diapresiasi Ka Mabicab. Kwarcab bisa sukses menyelenggarakan berbagai program juga, berkat bantuan beliau (Bupati),” tuturnya.

Sinergitas yang ditunjukan antara Ka Mabicab dengan Kwarcab Gerakan Pramuka KBB tersebut mendapat perhatian khusus dari Kwarda Jabar. Ketua Harian Kwarda Pramuka Jabar Baim Setiawan menilai antara Kwarcab dan Mabicab, terjalin kerjasama yang baik. “Sehebat apapun Kwarcab, tanpa dukungan Ka Mabicab programnya tidak berjalan dengan bagus. Peranan bupati selaku Ka Mabicab ikut menyokong keberhasilan Kwarcab,” tegas Baim.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan