Arus Mudik Perlu Dievaluasi

JAKARTA – Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Ibnu Munzir mengatakan pihaknya memastikam akan segera melakukan evaluasi soal mobilitas lebaran dan arus balik pada rapat dengar pendapat mendatang.

“Mudik itu sudah tradisi kita di Indonesia dan dari hasil pertemuan Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR RI dengan jajaran Kementerian Perhubungan, Polri, BMKG, PT. Angkasa Pura, PT. KAI, PT. Pelni, PT. Bina Marga, dan PT. Jasa Marga,kami sudah memiliki sejumlah catatan untuk di evaluasi,” kata Ibnu dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (10/6).

Mengingat jumlah pemudik pada setiap tahunnya mening­kat, maka lanjut politisi asal Partai Golkar ini pun menga­kui sejumlah fasilitas diha­rapkan dapat meningkat dan persiapannya semakin baik.

Kita berharap dari evaluasi nanti arus mudik ke depan dapar bisa berjalan dengan lebih baik lancar, aman dan terjamin keselamatan. Per­siapan untuk menyambut perayaan Idul Fitri dan mudik ke kampung halaman, mudah-mudahan seperti tahun-tahun sebelumnya kita terus mem­perkecil kemungkinan-kemun­gkinan terjadinya berbagai insiden atau kecelakaan yang tidak kita inginkan. Jika di­mungkinkan sampaizero ac­cident, pungkasnya.

Hal lain justru disampaikan oleh Anggota Komisi XI DPR RI, Misbakhun mengatakan tingkat konsumsi masyarakat Indonesia meningkat sejak ramadan hingga syawal. Hal ini berdampak pada pertum­buhan ekonomi.

“Yang selama ini dirasakan memang setiap momen ramadan, natal dan tahun baru. Masyara­kat banyak berbelanja sehingga konsumsi meningkat. Dampaknya pada pertumbuhan ekonomi, ujarnya.

Oleh sebab itu, mantan Pe­gawai Ditjen Pajak ini berha­rap momentum ramadan dan lebaran berkontribusi pada pertumbuhan di kuartal kedua menjadi 5,2 hingga 5,3 persen.

“Kalo kemarin 5,07 persen (kuartal pertama). Kiranya 5,2 hingga 5,3 perse pada kuartal kedua nanti. Ini karena dido­rong oleh pertumbuhan kon­sumsi masyarakat, dan saya harap ini terus tumbuh meski sudah menjadi musim arus balik,” tandasnya. (frs/fin)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan