Arus Lalu Lintas Ciwidey Meningkat Padat

CIWIDEY– Dua hari terakhir libur lebaran, arus lalu lintas dari sejak pagi mengalami peningkatan tajam arah ciwidey rancabali tepatnya menuju objek-objek wisata.

Kapolsek Ciwidey, AKP Ivan Taufiq S.H menuturkan hambatan jalan terjadi karena didominasi kendaraan bus yang melintas memenuhi jalur objek wisata ditambah dengan kondisi jalan Ciwidey penuh tanjakan dan tikungan tajam dengan lebar jalan hanya cukup untuk berpapasan dua kendaraan.

“Kondisi jalan yang kurang lebar ini kami mengantisipasi kemacetan dengan memprioritaskan satu arah, dari pagi hingga siang kami memprioritaskan arah dari bawah ke atas terlebih dahulu (kendaraan menuju ke wilayah objek wisata), untuk sore diprioritaskan dari arah atas ke bawah atau arah pulang” tuturnya di Polsek Ciwidey (8/6)

Lebih lanjut Ivan mengatakan, hingga sore ini masih banyak wisatawan yang menuju arah ke tempat wisata dibandingkan hari libur sebelumnya, sore hari arus lalu lintas sudah renggang namun khusus hari ini pada puncaknya kedua arah masih padat kendaraan.

“Peningkatan volume kendaraan lebih drastis tahun ini karena waktu liburan yang sangat pendek sehingga masyarakat serentak menghabiskan liburannya di akhir-akhir pekan ini. Di prediksi besok akan lebih meningkat lagi karena hari terakhir liburan” tuturnya

Dari hari pertama lebaran hingga hari ke tiga lebaran tidak terjadi kemacetan total, kendaraan masih mengalir walaupun dalam kecepatan 5 sampai 10 km per jam.

“sempat terjadi hambatan di H+2 lebaran kemarin di tanjakan mayor bus mogok, sempat dilakukan penutupam kedua arah berjam-jam untuk melakukan evakuasi” tuturnya

Ivan menambahkan, selain monitor di tempat wisata, juga dilakukan monitoring ke hotel-hotel di kawasan Ciwidey. Hasilnya, semua sudah full booking artinya wisatawan sudah jauh-jauh hari untuk mengisi liburannya ke daerah ciwidey

Koordinasi Kepolisisan dalam pengamanan berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Linmas dan semua unsur pemerintahan juga anggota Pramuka. Hingga saat ini tidak ada terjadi kecelakaan yang menonjol.

” ada satu dua motor yang tergelincir akibat kurang konsentrasinya pengendara, namun itu masih bisa ditangani dengan kolaborasi dari Dinkes sehingga alhamdulillaah sampai saat ini tidak ada korban jiwa” tuturnya

Tinggalkan Balasan