APHI Gelar Pelatihan HACCP 

BANDUNG– Asosiasi Purcha­sing Hotel Indonesia (APHI) menggelar pelatihan HACCP (Hazard Analysis & Critical Con­trol Point) bertempat di Hotel Luxton Bandung. HACCP ada­lah poin kritis untuk mengontrol dan menganalisa bahaya. Sistem HACCP merupakan standar international dalam industri pangan yang perlu dimiliki oleh setiap perusahaan untuk me­mastikan produknya aman. Sistem ini juga disebut Food Safety Management System.

Pada saat membeli atau mengkonsumsi makanan, pernahkah terpikirkan apakah produk makanan yang di­beli benar-benar aman untuk dikonsumsi? Misalnya, apa­kah produk makanan yang dibeli bebas dari kontami­nasi bahan kimia berbahaya? Bebas dari kontaminasi bak­teri? Apakah alat-alat yang digunakan untuk menyajikan makanan tersebut terjamin hygiene dan sanitasinya?

Tujuan dasar penerapan sys­tem HACCP adalah untuk menunjukkan letak potensi bahaya yang berasal dari ma­kanan yang berhubungan dengan jenis bahan pangan yang diolah oleh perusahaan industri ma­kanan dengan tujuan melin­dungi kesehatan konsumen.

“Bagian logistik/purchasing merupakan gerbang awal atau titik kontrol pertama dalam prinsip HACCP, agar bahan makanan yang akan diolah merupakan bahan yang aman dari sumber/supplier yang terpercaya, dan mengawasi penerimaan barang dengan seksama sesuai standar kea­manan pangan,” kata Marcel­lina Utami, Koordinator Pelaksana, Purchasing Ma­nager Hilton Bandung.

Hadir sebagai pembicara Bapak Eko Putranto, Distri­butor Sales & Development Manager PT Ecolab Interna­tional Indonesia yang sudah mempunyai sertifikat SERVSA­FE – FOOD SAFETY Certified dan PROCTOR & INSTRUCTOR for SERVSAFE CERTIFICA­TION PROGRAM. Certified by NRAEF (National Restau­rant Association Educational Foundation).

Sementara implemen­tasi HACCP di lapangan dibahas lugas oleh pem­bicara Wira Pradana Pekerti, Director of Purchasing, Hotel Raffles Jakarta dan Hermanto, Asst. Purchasing Manager Four Season Ho­tel Jakarta. (rls/drx)

Tinggalkan Balasan