Antisipasi Kecelakaan, KAI Siapkan Motis

BANDUNG – Untuk mengurangi kecelakaan di jalan raya serta mengurangi kepadatan pada saat Angkutan Lebaran 2019. Kementerian Perhubungan bekerjasama dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyelenggarakan Angkutan Motor Gratis (Motis), Kegiatan ini diselenggarakan mulai 27mei sampai dengan 2 juni untuk arus mudik dan arus balik dibuka mulai 8-13 Juni 2019 mendatang.

Menurut informasi dari PT KAI Daop 2, total kapasitas motor yang dapat diangkut setiap harinya adalah 1.392 motor atau total 18.096 selama 13 hari pelaksanaan. Terdapat 3 relasi yang dilayani oleh KAI untuk Angkutan Motis 2019 ini yaitu.

Direktur Utama KAI Edi Sukmoro mengatakan, masyarakat yang mau mengikuti giat tersebut bisa mendaftar secara online. Pihaknya menyediakan, bebrapa lintas dianataranya lintas utara, selatan 1 dan selatan 2.

Menurutnya, untuk mengikuti program ini, masyarakat diwajibkan mendaftar melalui online atau langsung di posko motis yang ada di Stasiun Jakarta Gudang, Bekasi, Jatinegara, Kemayoran, Cikarang, Cimahi, Kiaracondong, Depok Baru, dan Tangerang.

”Pendaftaran Online, Angkutan Motis dilakukan pada 12 Maret – 25 Mei 2019 di situs mudikgratis.dephub.go.id.
atau pendaftaran angkutan motis disertai Pembelian Tiket KA Ekonomi Komersial dan PSO (selama kuota masih tersedia) dilakukan pada 12 Maret-13 Mei 2019,” katanya

Dirinya menjelaskan, untuk syarat dan ketentuan terkait pendaftaran Angkutan Motis ini selengkapnya dapat dibuka pada situs mudikgratis.dephub.go.id atau menghubungi Contact Center Kemenhub di 151. PT. KAI menyediakan total 58.088 tempat duduk bagi para pendaftar Angkutan Motis, yang terbagi atas arus mudik 32.436 dan arus balik 25.652.Tiket KA penumpang untuk angkutan motor gratis tidak dapat dilakukan perubahan jadwal maupun dibatalkan.

”KAI mendukung penuh program pemerintah untuk Anguktan Motor Gratis ini, dengan menggunakan moda transportasi kereta api, keselamatan para pemudik akan meningkat. Sebab, KAI akan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat yang telah mempercayakan motornya kepada kami,” akunya

Sementara itu, Manager Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Joni Martinus mengatakan, bahwa khusus untuk Angkutan Motis dengan fasilitas tiket KA Ekonomi PSO dan Ekonomi Komersial di Daop 2 disediakan 8.480 tempat duduk yang terdiri dari 4.240 tempat duduk pada arus mudik dan 4.240 tempat duduk pada arus balik. Pihaknya menyediakan, empat kereta keberangkatan Daop 2, KA Kahuripan, KA Kutojaya Selatan, KA Pasundan, dan KA Pasundan Lebaran.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan