Angka Pengangguran Diklaim Menurun

BANDUNG– Wali Kota Bandung Oded M. Danial menyebutkan, jika angka pengangguran di Kota Bandung mengalami penurunan. Dia mencatat, pada 2016, angka pengangguran sekitar 9 persen dan menurun pada 2018 menjadi 8 persen melalui kegiatan bursa tenaga kerja yang digelar setiap tahun.

“Kegiatan bursa tenaga kerja ini, kita lakukan untuk menekan angka pengangguran di Kota Bandung dan angka pengangguran terus menurun,” kata Oded di sela-sela acara, Selasa (3/9).

Kegiatan tersebut digagas oleh Dinas Tenaga Kerja Kota Bandung di Gedung Graha Manggala Siliwangi, Jalan Aceh, 3-4 September ini, Disnaker Kota Bandung menggandengan 41 perusahaan dengan sekitar 4.000 lowongan pekerjaan. Sejumlah lowongan yang tersedia di antaranya untuk lulusan SMA/SMK, D3, dan Sarjana.

Menurut Oded, keberhasilan penurunan angka pengangguran ini tak terlepas dari sinergitas Pemkot Bandung dengan para pengusaha sebagai penyedia lapangan pekerjaan.

“Saya berharap job fair ini bisa mengurangi pengangguran sekaligus juga membuka peluang untuk masyarakat terutama para pencari pekerjaan,” ujarnya.

Meski digelar oleh Pemkot Bandung, Oded mengaku gembira karena ternyata bursa tenaga kerja ini juga dimanfaatkan oleh warga daerah lain.

“Saya tadi bertanya ke berapa orang peserta. Ternyata KTP-nya bukan hanya warga Kota Bandung. Ada Cileunyi, Bojongsoang (Kabupaten Bandung), dari Padang juga ada. Tapi kita kan NKRI. Harapan saya paling tidak ini bisa membantu pencari kerja,” pungkasnya. (mg2/drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan