Anggarkan Rp 15 M untuk Tuntaskan Banjir Gedebage

BANDUNG– Pemerintah Kota Bandung bakal membangun kolam retensi di kawasan Gedebage. Kolam retensi ini bakal meminima­lisir banjir di kawasan pe­rempatan dan pasar Gede­bage.

“Tahun ini akan ada lelang kolam retensi Gedebage. Mudah-mudahan kita bisa gunakan untuk menampung kalau ada banjir atau curah hujan di Gunung Manglay­ang,” ujar Kepala Dinas Pe­kerjaan Umum Kota Bandung, Arief Prasetya, di Balai Kota Bandung, Selasa (5/3).

“Air dari Gunung Manglay­ang masuk ke kawasan Ge­debage melalui sungai Cinambo Lama dan saluran Jalan Rumah Sakit. Akibatnya volume air di wilayah terse­but cukup tinggi,” lanjut Arief.

Arief akan berusaha agar pembangunan kolam retensi tersebut selesai tahun ini. Jika proses lelang berjalan lancar, maka pembangunan bisa berja­lan pada Juni atau Juli mendatang.

“Dengan Pagu anggaran sekitar Rp 15 miliar. Insya Al­lah, Juni atau Juli bisa dimu­lai,” tuturnya.

Sebelumnya, Pemkot Bandung juga telah membangun kolam retensi Sirna­raga. Kini, Pemkot Bandung juga berencana membangun satu lagi kolam retensi di ka­wasan tersebut. Namun untuk pembangunan kolam retensi Sinaraga 2, Pemkot Bandung meminta bantuan ke Pemprov Jawa Barat. (rls/drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan