Akan Diadakan 5 Stasiun Monorel LRT di Cimahi

CIMAHI – Kota Cimahi dipastikan menjadi wilayah yang terkoneksi transportasi masal berupa Light Rail Transit (LRT) Bandung Raya. Bahkan, dalam kajian sementara rencananya di Cimahi bakal dibangun lima stasiun monorel.

Kepala Seksi Angkutan pada Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Ranto Sitanggang mengatakan, berdasarkan hasil rapat, Pemerintah Provinsi Jawa Barat sudah mengeluarkan hasil study trase dimana LRT Bandung Raya Koridor Barat-Timur akan menghubungkan Leuwipanjang-Cimahi-Padalarang-Ciburuy (Bandung Barat).

”Dengan hasil kajian panjang jalur rel 20,12 km. Untuk penerapannya, ke depan akan dibangun berupa monorel atau jalur yang terdiri dari rel tunggal,” kata Ranto, di ruang kerjanya, di Komplek Perkantoran Pemkot Cimahi, Jalan Demang Hardjakusuma, Kamis (5/9).

Seperti yang digemborkan sebelumnya, trayek monorel LRT khusus di Kota Cimahi akan melintas sepanjang Jalan Amir Mahmud, mulai dari Cibeureum – Cimindi sampai dengan Kabupaten Bandung Barat (KBB), yaitu Padasuka.

Ranto menjelaskan dari hasil study trase, muncul usulan tujuh segmen untuk menunjang transportasi massal LRT Bandung Raya. Segmen satu adalah Leuwipanjang – Caringin -Pasirkoja, segmen dua Pasirkoja – Cibeureum.

Segmen tiga Rajawali – Cimindi, segmen empat Cimindi – Cibabat, segmen lima Cihanjuang-Alun-alum Cimahi, segmen enam Cimahi – Kota Baru Parahyangan dan segmen tujuh Padalarang – Ciburuy.

”Nantinya akan dibangun stasiun monorel awal dan akhir, mulai dari Leuwipanjang dan di Ciburuy,” jelasnya.

Menurutnya, khusus di Kota Cimahi, stasiun monorel itu akan dibangun di lima lokasi berbeda. Yakni di Cimindi, Cibabat, Cihanjuang, Alun-alun Cimahi dan Sangkuriang. Pihaknya sendiri berharap dalam penentuan lokasi stasiun monorel yang berada di Kota Cimahi tetap memperhatikan juga ketersediaan angkutan feeder (pengumpan).

”Jangan sampai penentuan titik lokasi stasiun monorel di wilayah yang tidak terdapat moda transportasi angkutan lainnya sebagai feeder,” ujarnya.

Dia berharap, dibuatkan sarana penunjang lain di area stasiun monorel. Khususnya tempat yang bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Kota Cimahi.

”Jadi nantinya diharapkan bukan hanya sarana naik dan turun monorel saja, akan tetapi juga sekaligus dibuatkan saran penunjang di stasiun-stasiun yang akan dibangun,” harapnya.

Ranto melanjutkan, informasi seputar LRT Bandung Raya itu baru hasil kajian sementara Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Pembangunan fisik pun belum jelas bakal dimulai kapan. Ke depan, kata Ranto, akan dilakukan penyempurnaan dengan mengumpulkan masukan-maskukan dari kota/kabupaten yang terlintasi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan