Ajay Lantik 26 Kepala Sekolah

CIMAHI – Dalam upaya meningkatkan struktur dan tim kerja guna mencari so­lusi permasalahan yang ke­rap muncul di masyarakat khususnya dibidang pendi­dikan dasar, Pemerintah Cimahi melantik sebanyak 26 Kepala Sekoah (Kepsek) yang terdiri dari 22 Kepsek SD, tiga Kepsek SMP dan satu Kepsek TK Negeri.

Kepala Badan Kepegawai­an dan Pengembangan Sum­ber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Cimahi, Ahmad Saefu­loh mengatakan, pelaks­anaan pelantikan sebenarnya sudah dengan penguasaan yang dulu saat pelaksanaan pelantikan kepada sebanyak 189 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Cimahi pada 27 Februari 2019 yang lalu.

”Pertimbangannya karena waktu itu terlalu banyak ASN yang dilantik dan tempatnya tidak cukup, maka baru se­karang mereka khususnya tenaga pendidik dilantik,” kata Ahmad, di Komplek Per­kantoran Pemkot Cimahi, Jalan Demang Hardjakusuma, Jumat (5/4).

Menurutnya, dari 26 Kepsek yang dilantik, untuk kepsek SMP ada satu orang guru yang mendapat tugas tambahan sebagai kepala sekolah atau promosi.

”Untuk yang dirotasi, Kepsek SMPN 6 Cimahi pindah ke SMPN 9, kepala SMPN 10 pindah menjadi kepsek SMPN 6 dan satu guru SMPN 1 Cimahi menjadi kepsek SMPN 10 Cimahi,” ujarnya.

Sebelum dilantik, lanjutnya, secara teknis para kepsek tersebut sudah melakukan beberapa tahapan seleksi se­suai dengan aturan Dinas Pendidikan (Disdik) sehing­ga BKPSDM hanya menerima hasil telaahannya saja.

”Kompetensi, kepangkatan, lama bekerja itu semua sudah masuk pertimbangan. Jadi tidak ada istilah dipaksakan lagi dalam pengangkatan Ke­pala Sekolah,” terangnya.

Dia menjelaskan, saat ini untuk pengangkatan kepala sekolah harus lebih hati-hati. Hal itu dilakukan agar tidak terjadi gejolak. Untuk itu da­lam pengangkatannya pihak disdik melibatkan pengawas.

”Setelah koordinasi dan semua setuju maka para pengawas ikut membubuh­kan tanda tangan pengang­katan kepsek. Jadi ketika ada ketidak sesuaian tinggal menunjukan surat persetu­juan tadi,” jelasnya.

Selain 26 kepala sekolah pada kesempatan itu, dilaku­kan juga pelantikan terhadap dua orang jabatan adminis­trasi setingkat eselon III, satu orang jabatan pengawas dengan golongan IVA dan dua orang jabatan fungsional.”Total yang dilantik hari ini seba­nyak 31 orang,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan