Action Figure Jokowi Paling Banyak Dibeli

Momen Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 banyak memberi berkah kepada penyedia jasa pembuatan kaus, sablon, maupun pernak-pernik lainnya. Salah satunya dirasakan warga Solo bernama Agus Wiryawan atau akrab disapa Iwan. Seperti apa kreasi Iwan?

ARI PURNOMO, Solo

IWAN masih terlihat sibuk merampungkan karyanya. Ia beberapa kali memoles wajah action figure agar bisa semirip mungkin dengan aslinya. Dilihatnya dengan saksama setiap detail wajah action figure buatannya. Jika ada yang kurang mirip, ia kembali memolesnya. Iwan ingin hasil karyanya bisa sempurna.

Selama ini, mantan satpam di salah satu bank di Solo itu memang sudah menekuni profesi pembuatan action fi­gure. Semuanya berawal dari bakatnya sebagai seorang pelukis. Setelah tidak lagi me­lukis, Iwan banting setir untuk membuat karya action figure. Sudah banyak action figure yang dibuatnya, seperti tokoh na­sional dan presiden RI.

Sekarang, Iwan melihat peluang usaha dengan men­ghadirkan action figure dengan wajah calon presiden (capres). Baik Joko Widodo (Jokowi) maupun Prabowo Subianto.

Menurut Iwan, momen pe­milu menjadi peluang yang cukup bagus untuk mema­sarkan hasil karyanya. “Sebe­narnya 2014 lalu saat Pak Jokowi dan Pak Prabowo sama-sama maju pilpres, saya sudah membuat action fi­gure. Tetapi, saya memang belum sempat memasarkan­nya,” ungkap Iwan kepada JawaPos.com, Sabtu (2/3).

Iwan akhirnya memasarkan action figure berbentuk capres tersebut. Iwan mempunyai alasan tersendiri baru mema­sarkan saat ini. Sebab suhu politik menjelang Pilpres 2019 terlihat terus memanas. Dengan adanya karya action figure, Iwan berharap suasa­na yang terus memanas bisa sedikit diredam. “Ini untuk meredam situasi yang terus memanas. Kan lucu bisa ge­leng-geleng dan mengangguk,” urainya sembari tersenyum.

Sejak memasarkan karyanya melalui media sosial, terny­ata respons masyarakat cukup bagus. Banyak pembeli yang langsung memborong action figure berbahan resin atau fiberglass tersebut.

Pembelinya tidak hanya dari Solo. Ada pula dari Jakarta, Se­marang, Tangerang, Surabaya, dan beberapa kota lainnya. “Yang paling banyak dibeli action figu­re-nya Pak Jokowi. Kalau Pak Prabowo juga ada. Pembelinya juga dari para pendukungnya,” ucap Iwan.

Tinggalkan Balasan