Achmad Zulkarnain Dipastikan Jadi Ketua DPRD Cimahi

CIMAHI – Setelah dua pekan ditunggu, akhirnya Dewan Perwakilah Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cimahi melaksanakan Rapat paripurna penetapan calon pimpinan. Dalam Rapat Paripurna yang digelar pada Senin (9/9) sekitar pukul 17.00 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Cimahi tersebut, tak hanya unsur ketua, namun unsur fraksi pun masuk dalam agenda rapat.

Untuk unsur pimpinan, ada empat nama yang sudah diumumkan, yakni Achmad Zulkarnain dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebagai ketua. Sementara Bambang Purnomo dari Partai Gerindra, Purwanto dari PDIP dan Rini Marthini dari Partai Demokrat mengisi slot sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Cimahi periode 2019-2024.

Sedangkan untuk unsur fraksi, dipastikan ada delapan fraksi. Yakni Fraksi PKS yang dipimpin Wahyu Widyatmoko, Fraksi Partai Gerindra yang dipimpin Ahmad Dahlan, Fraksi PDIP yang dipimpin Yus Rusnaya.

Kemudian Fraksi Partai Demokrat yang diketuai Edi Kanedi, Fraksi Partai Golkar yang diketuai Abdul Mahfuri, Fraksi Partai NasDem yang diketuai Sobari. Ada pula fraksi gabungan yakni PPP-PAN yang diketuai Agus Solihin serta Fraksi PKB-Partai Hanura yang dipimpin Dede Latif.

Sekretris DPRD Kota Cimahi, Teddy Setiadi mengatakan, setelah rapat paripurna ini pihaknya akan langsung mengusulkan unsur calon pimpinan dan fraksi DPRD Kota Cimahi kepada Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Pengurusan Surat Keputusan (SK) akan diproses selama 15 hari kerja.

”Setelah SK dari gubernur didapat, maka akan dilanjutkan dengan rapat paripurna penetapan unsur pimpinan definitif serta unsur fraksi,” jelasnya.

Dia mengaku, hingga saat ini pihaknya belum bisa memastikan kapan penetapan itu akan dilaksanakan. Sebab semuanya tergantung proses di Provinsi Jawa Barat.

”Iya kalau SK-nya sudah keluar kita langsung rapat paripurna penetapan,” tegasnya.

Setelah unsur ketua definitif dan fraksi disahkan, maka para wakil rakyat itu akan langsung membentuk Alat Kelengkapan Dewan (AKD) seperti Badan Musyawarah (Banmus), Badan Anggaran (Banggar), komisi dan sebagainya.

Sementara itu, Pimpinan Sementara DPRD Kota Cimahi, Wahyu Widyatmoko mengatakan, pihaknya berharap SK unsur pimpinan definitif dan fraksi segera diproses. Sebab, kata dia, masih banyak pekerjaan rumah yang mesti diselesaikan Anggota DPRD Kota Cimahi. Seperti pembahasan APBD.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan