41 Perusahaan Jalin Kerjasama dengan UTama

BANDUNG – Untuk meningkatkan mutu pendidikan serta menyambut era 4.0, Universitas Widyatama (Utama) Bandung lakukan kerjasama dengan 41 perusahaan yang ada di tanah air. Terakhir kali, kampus yang masuk 100 besar terbaik tingkat nasional itu menjalin kerjasama dengan perusahaan Amman Meneral yang merupakan salah satu perusahaan nomor dua terbesar di Indonesia yang bergerak di bidang pertambangan.

”Ini salah satu upaya kami untuk menyiapkan mahasiswa dalam menyambut era 4.0. Kami sudah ada 40 perusahaan yang menjalin kerjasama, maka dengan perusahaan Amman Meneral ini semuanya berjumlah 41 perusahan,” ujar Rektor UTama, Prof. Dr. H. Obsatar Sinaga, M. Si, kepada Jabar Ekspres, Kamis (19/9).

Pria yang akrab disapa Prof Obi ini mengatakan, pihaknya baru pertama kali menjalin kerjasama dengan perusahaan pertambangan, Amman Meneral tersebut.

”Yang perusahaan tambang ini baru pertama kalinya karena di sini enggak ada jurusan pertambangan. Tapi ternyata mereka membutuhkan Informasi Teknologi (IT) tentang manajemen, nah ini kami ada dan yang kami kerjasamakan,” ucapnya.

Lebih lanjut dia memaparkan, pihaknya melakukan kerjasama dan berkolaborasi dengan perusahaan Amman Meneral, untuk meningkatkan skill mahasiswa Utama di bidang industri pertambangan.

”Jadi mahasiswa nanti yang lulus kami bikin keahlian khusus di bidangnya. Misalnya progran studi infomarasi, maka semester 1 mereka mengusai bagan tentang databes. Lalu mereka dapat sertifikat databes,” katanya.

”Kemudian di semester dua mereka menguasai programer, maka mereka dapat sertifikat pragramer. Nanti di semester 7, mereka medapatkan sertifikat dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP). LSP itu kan yang mengeluarkan tenaga kerja diperusahaan-perushaaan multi nasional,” imbuhnya.

Untuk mahasiswa semester dua, lanjut Obi, mahasiswa tersebut sejajar dengan Depelome satu (D1) sehingga sudah bisa bekerja di perusahaan-perusahan. ”Jadi untuk di semester dua misalnya dia keluar karena tidak ada biaya, dia sudah bisa mengambil standarnya sama dengan D1. Jadi mereka tetap bisa bekerja. Makanya kami melakukan kerja sama ini dengan Amman Mineral untuk menyambut era 4.0,” lanjutnya.

Sebelumnya, kampus UTama melakukan Memorandum of Undertanding (MoU) dengan Windad University Collage (WUC) Malaysia. Nota kesepahaman itu dilangsungkan Rabu (18/9) siang, bertujuan untuk mempererat kerjasama di bidang pendidikan antar kampus ternama negara serumpun. Hadir dari pihak WUC, Brig. Gen. (R) Prof Dato tan Sri Dr. Shohaimi Abdulah, Vice Chancellor of WUC dan Prof Dato’Sri DR. Abu Hassan Asaari Abdullah, Senior Director Education and Healthcare.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan