200 PJU dari CSR Akan Difokuskan di 40 Desa dan 5 Kecamatan

NGAMPRAH– Sebanyak 200 titik pembangunan PJU (penerangan jalan umum) dari bantuan program CSR (corporate social responsibility) perusahaan multinasional akan difokuskan di wilayah selatan terdiri dari 40 desa dan 5 kecamatan di tahun 2019. Saat ini, Dinas Perhubungan sudah memasang sejumlah PJU di beberapa titik secara bertahap. “Khusus PJU yang CSR ini secara bertahap sudah dipasang di beberapa titik. Lokasinya khusus di jalan desa seperti pusat keramaian warga ada sekitar pesantren, masjid dan lainnya. Artinya bukan di jalan kabupaten,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung Barat, Ade Komarudin di Ngamprah, Senin (15/4/2019).

Menurut Ade, bantuan CSR ini totalnya mencapai 1.000 PJU. Namun setiap tahun akan dipasang sebanyak 200 PJU. Bantuan tersebut sangat membantu pemerintah daerah dalam menambah kekurangan PJU yang belum tersentuh terutama di selatan. “Setiap tahun sekitar 200 PJU kita pasang. Jadi seluruh desa dan kecamatan bisa terpasang secara bertahap nantinya,” kata Ade seraya menyebutkan kelima kecamatan tersebut mulai dari Kecamatan Sindangkerta, Cipongkor, Saguling, Gununghalu dan Rongga.

MULAI DIPASANG: Sejumlah warga turut serta membantu pemasangan PJU di wilayah selatan
Foto Dishub KBB

Ade menambahkan, selain PJU dari CSR, tahun ini juga dari APBD menganggarkan sekitar Rp 5 miliar untuk pengadaan 550 PJU. Saat ini proses di ULP masih berlangsung dan ditargetkan akhir April pemasangan sudah bisa dilaksanakan. “Total ada 550 PJU yang dari APBD tahun ini. Itu termasuk pembangunan PJU baru dan pemeliharaan yang lama. Untuk satu PJU memiliki harga sekitar Rp 10 juta hingga Rp 12 juta. Nanti PJU itu akan difokuskan di jalan kabupaten. Persentasenya lebih banyak di selatan tapi di utara dan tengah juga tetap dipasang,” terangnya.

Ade menyebutkan, dengan banyaknya PJU yang terpasang di tahun ini, untuk menyukseskan
program ‘KBB Caang’ yang dicanangkan Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna dalam meningkatkan keselamatan dan keamanan lalu lintas di jalan. Sehingga dampak lainnya kawasan menjadi tertata, indah, dan bisa mendongkrak ekonomi baru bagi masyarakat.

MULAI DIPASANG: Sejumlah warga turut serta membantu pemasangan PJU di wilayah selatan
Foto Dishub KBB

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan