Ziarah Ke Makam Para Mantan Bupati

DAYEUHKOLOT – Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Bandung ke -377, Bupati Bandung Dadang M. Naser, dan Wakil Bupati Bandung Gun Gun Gunawan, melakukan ziarah ke makam para mantan Bupati Bandung, Selasa (17/4).

Dadang mengatakan, ziarah tersebut bertujuan untuk mendoakan arwah para leluhur yang telah berjuang dalam membangun dan memajukan masyarakat Kabupaten Bandung.

“Kita jangan melupakan jasa para pendahulu dalam membangun dan mensejahterakan masyarakat Kabupaten Bandung. Kemarin kita juga sowan ke rumah para mantan bupati yang juga sangat besar kontribusinya untuk masyarakat Kabupaten Bandung. Semoga dengan apa yang telah mereka perjuangkan, dapat menjadi amalan – amalan baik di mata Allah SWT,” kata Dadang

Disela-sela ziarah Dadang memberikan bingkisan dan uang kadeudeuh kepada para juru kunci makam. Dia berterimakasih kepada juru kunci karena telah menjaga dan memelihara makam para mantan Bupati Bandung tersebut. “Ini adalah bentuk atensi dari Pemerintah Kabupaten Bandung kepada para penjaga makam yang telah memelihara dan merawat makam para leluhur kita,” ungkapnya.

Dadang juga mengajak generasi muda untuk melanjutkan pembangunan yang telah diperjuangkan para pendahulu sebelumnya. “Kita selaku generasi muda harus meneruskan perjuangan pahlawan, salah satunya melanjutkan pembangunan untuk Kabupaten Bandung lebih maju, mandiri dan berdaya saing,” terangnya.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bandung Anang Susanto, unsur Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida), para kepala perangkat daerah (PD), para camat serta organisasi wanita Kabupaten Bandung juga turut serta dalam agenda tahunan tersebut.

Diawali ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Cikutra di Jalan Pahlawan dimana mantan Bupati Bandung periode 1967 – 1969, Kol. Inf. Masturi dimakamkan. Selanjutnya rombongan menuju makam R.H.A.A Wiranatakusumah IV, mantan Bupati Bandung periode 1920 – 1931 di Jl. Dalem Kaum, Kota Bandung.

Setelah itu, rombongan berjalan kaki menuju makam mantan Bupati Bandung periode 1948 – 1956  R.T.M Wiranatakusumah VI di Taman Makam Karang Anyar. Rangkaian ziarah berakhir di makam mantan Bupati Bandung Pertama R. Tumenggung Wirangun Angun, Bupati Bandung ke empat R. T.M.G Anggadijedja II, dan Bupati Bandung ke lima R. Adipati Wiranatakusumah I di Taman Makam Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung. (yul/yan)

Tinggalkan Balasan