Yuk, Kenali Digipreneur

INDUSTRI kreatif Indonesia, khususnya bidang teknologi informasi memiliki peluang untuk berkembang lebih besar lagi. Indonesia memiliki sejumlah potensi seperti jumlah demografi penduduk yang besar, akses internet yang semakin mudah dan murah serta penetrasi yang cukup tinggi. Perkembangan ini dimanfaatkan sebagian orang untuk terjun ke dalam bidang yang dikenal sebagai digital entrepreneur, atau digipreneur. Menjadi seorang digital entrepreneur memang nggak mudah karena harus menggabungkan pengetahuan mengenai wirausaha dan teknologi. Tapi, banyak cara untuk mencari pengetahuan tersebut dengan teknologi yang ada saat ini.

Jalan bagi digipreneur lokal untuk mengembangkan startup bisnisnya begitu terbuka lebar. Ditambah, minat, kreativitas, inovasi anak-anak Indonesia sebagai digipreneur yang juga boleh diacungi jempol. Namun demikian, para digipreneur muda di Indonesia masih memerlukan dukungan besar untuk memantapkan visi, konsep dan model bisnis, koneksi dan ketajaman membidik pasar. Tujuannya agar mereka lebih mantap dan kuat untuk berkembang.

Segmentasi dalam industri digital pun sangatlah luas. Contohnya kalo kamu suka dengan software, kamu bisa membuat sebuah aplikasi online, seperti transportasi, aplikasi komunikasi, game, dan banyak lagi. Jadi, mulailah dengan hal yang kamu suka. Itu bisa mempermudah kamu untuk menjadi seorang digitalpreneur.

Nggak bisa dipungkiri juga dalam hal kreatif dan inovatif. Menjadi seorang digital entrepreneur tentu kamu harus kreatif dan inovatif. Karena persaingan di dunia digital sangat ketat, maka kreativitas sangat dibutuhkan untuk mengemas dan memasarkan produk yang akan dibuat. Agar produknya pun tidak kalah saing, dan tentunya lebih menarik dari kompetitor.

Banyak digital entrepreneur muda di Indonesia terutama di Bandung yang menciptakan sebuah produk dan bermanfaat bagi masyarakat luas. Memiliki lokasi yang strategis, banyak perguruan tinggi, serta anak-anak muda yang kreatif, Bandung menjadi tempat berkembang yang ramah bagi industri digital dan merupakan rumah bagi sejumlah startup. Diantaranya adalah GeekHunter, TinkerGames, Sanbuzz, dan Kakatu.

Nggak hanya itu, masih banyak lagi digipreneur muda yang sudah melambungkan namanya di Indonesia, bahkan International. So, kamu tunggu apalagi buat memulai startup bussiness dan menjadi seorang digital entrepreneur? Yuk dimulai dari sekarang. (leo/azu)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan