Yandu Berikan Kemudahan Layanan

SOREANG – Untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat Pemerintah Kabupaten Bandung membuat terobosan inovasi dengan membentuk Pelayanan Terpadu (Yandu)

Bupati Bandung Dadang M. Naser mengatakan, Yandu dibentuk untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat secara luas dan terjangkau. Sebab, jika dilihat secara georafis cakupan wilayah tersebar di 31 Kecamatan tidak memiliki nilai efesiensi jika harus mendapatkan pelayanan di pusat pemerintahan.

Dia mengunkapkan, sebetulnya inovasi Yandu Sabilulungan, digulirkan sejak 2012, sebagai bentuk pelayanan prima yang terbukti membantu, khususnya bagi masyarakat di wilayah yang jauh dari akses pelayanan.

“Kita akan teruskan pelaksanaannya sambil dievaluasi agar menjadi lebih baik dan lebih optimal sebagai bentuk pelayanan prima ke depannya,” kata Dadang ketika ditemui kemarin. (2/10)

Menurutnya, program ini dilakukan secara rutin setiap minggunya pada hari rabu, dengan melayani masyarakat langsung di halaman kantor Kecamatan. Di antaranya pengurusan administrasi kependudukan, pertanahan, perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM), Pelayanan KB, Perizinan, Kartu Kuning, Perpustakaan Keliling juga layanan untuk konsultasi pernikahan.

Selain itu, sebagai inovasi yang mendekatkan pelayanan kepada masyarakat sampai pada level kecamatan secara mobile, terpadu dan terjadwal serta terintegrasi, Yandu terdiri dari unsur Pemkab Bandung, Polres, Kodim, Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan Kementerian Agama

“Yandu Sabilulungan, bikin pelayanan semakin dekat, cepat dan hemat” ujarnya.

Dadang menambahkan, Meski Yandu dihadirkan ke setiap Kecamatan, namun diperlukan peran perangkat di wilayah setempat, agar pengurusan administrasi kependudukan bisa lebih optimal dan minim kendala.

“Supaya pengurusannya cepat, ya peran aparat wilayah juga sangat penting. Karena mereka yang langsung mengurusi persyaratan dari layanan publik, yang selanjutnya akan diproses oleh Perangkat Daerah (PD) atau instansi terkait,” imbuhnya.

Pada bulan Oktober 2018, Dadang menyebutkan jadwal Yandu Sabilulungan akan dilakukan di empat Kecamatan Kabupaten Bandung setiap hari rabu yakni, Kecamatan Cilenyi (3/10), Kecamatan Cikancung, (10/10), Kecamatan Ciwidey (17/10), Kecamatan Pacet (24/10) dan pelaksanaan Yandu di Kecamatan Ibun, Rabu (31/10).

“Catat jadwalnya, bagi masyarakat yang berada di Kecamatan Cileunyi, Cikancung, Ciwidey,Pacet dan Ibun ayo manfaatkan Yandu Sabilulungan bulan Oktober, setiap hari rabu di halaman kantor Kecamatan jam 9 pagi,” cetusnya. (yul/yan).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan