Wujudkan Pelayanan Kesehatan Komprehensif Melalui HFIS

BANDUNG – BPJS Kesehatan memiliki cara baru untuk mempercepat dan mempermudah proses kerja sama antara BPJS Kesehatan dengan Faskes dengan menyediakan aplikasi Health Facilities Information System (HFIS). Aplikasi HFIS ini dapat dipergunakan melalui internet public, sehingga semua fasilitas kesehatan yang bekerjasama ddengan BPJS Kesehatan dapat mengaksesnya.

Untuk memastikan fasilitas kesehatan senantiasa melakukan update profile data faskes, BPJS Kesehatan Cabang Bandung melakukan Workshop Aplikasi HFIS kepada 40 FKRTL Provider KC Bandung pada Selasa (26/06).

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Bandung, Rudy Widjajadi menyampaikan bahwa sosialisasi ini sangat penting untuk meningkatkan awareness fasilitas kesehatan provider untuk update profilnya. “Melalui Aplikasi HFIS, fasilitas kesehatan dapat melakukan proses update perubahan data faskes misalnya data tenaga medis baik spesialis maupun subspesialis, jam pelayanan, pemeriksaan penunjang, bahkan untuk kedepannya akan kita upayakan terkait ketersediaan kamar”, ungkap Rudy.

“Selain mempermudah faskes, Aplikasi HFIS juga dapat membantu Peserta untuk mendapatkan pelayanan yang dibutuhkan dengan jarak yang terjangkau. Hal ini tentunya menunjang implementasi rujukan berjenjang berbasis kompetensi antara FKTP dan FKTRL dapat berjalan secara optimal”, jelas Rudy lebih lanjut.

Selain Aplikasi HFIS, pada kesempatan yang sama juga disampaikan tentang Program Rujuk Balik (PRB) dan Aplikasi Mobile JKN. Melalui Aplikasi Mobile JKN, kebutuhan peserta serta kemudahan informasi terkait Program JKN tapat terpenuhi.

Selain itu, melalui Aplikasi Mobile JKN juga Peserta dapat mengisi survey pelayanan fasilitas kesehatan melalui KESSAN. Peserta dapat memberikan feedback positif atau negative terhadap pelayanan kesehatan yang mereka dapatkan. Hal ini dapat meningkatkan awareness fasilitas kesehatan sebagai Mitra BPJS Kesehatan untuk memberikan pelayanan yang berkualitas kepada Peserta.

Sebagai informasi, sampai dengan 22 Juni 2018, jumlah Peserta JKN-KIS di Kota Bandung sudah mencapai 2.513.522 jiwa. Dalam memberikan pelayanan kesehatan, BPJS Kesehatan Cabang Bandung sudah bekerja sama dengan 73 Puskesmas, 80 Klinik Pratama, 21 DPP, 3 Dokter Gigi, 9 Klinik TNI, dan 3 Klinik Polri, serta untuk FKTRL sebanyak 29 Rumah Sakit dan 11 Klinik Utama. (rm)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan