Wisata Militer Jangan Asal-asalan

CIMAHI – Rencana Dinas Budaya Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudpar­pora) Kota Cimahi mel­aunching wisata Militer He­ritage pada 15 Desember 2018 diharapkan sudah memiliki persiapan matang.

Anggota komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cimahi, Amrul­lah mengatakan, destinasi wisata di Kota Cimahi sangat minim. Sehingga, konsep wi­sata Militer Heritage menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Kota Cimahi.

”Kami berharap konsep pengembangan wisata yang digagas Pemerintah Cimahi akan mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan juga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat” jelas Amrullah kepada war­tawan kemarin. (30/11).

Dia meyakini, rencana launching wisata tersebut sudah dipersiapkan dengan matang. Sebab, heritage bukan yang diciptakan pada saat mau launching saja tetapi sudah dipelihara sejak dulu saat bangunan tersebut dianggap bersejarah.

”Pemerintah harus siap ka­lau memang rencana launching 15 Desember karena skedul­nya kan sudah ditetapkan,” ujarnya.

Dengan bangunan serta 13 Pusat Pendidikan (Pusdik) Militer yang ada konsep wi­sata tersebut sudah cocok dan akan menjadi ciri khas tersen­diri bagi Cimahi khususnya dan didunia pariwisata umum­nya. Namun, agar berkembang, harus dibarengi dengan infra­struktur akses jalan, hotel serta tempat kuliner.

”Jangan sampai berkunjung wisata ke Cimahi tapi nginep dan makannya di Kota Bandung. Kalau begitu sayang juga,” bebernya.

Untuk itu, pemerintah Cimahi harus segera memikirkan ba­gaimana caranya agar sarana pendukung untuk wisata ini terpenuhi. Meski diakuinya, untuk membangun hotel akan sulit karena terbentur dengan keterbatasan lahan.

”Untuk merealisasikan sarana pendukung juga harus melihat kemampuan angga­ran yang ada. Nggak bisa di­paksakan dengan mengeny­ampingkan program yang lain,” ucapnya.

Amrullah meminta, setelah launching, pemerintah harus bisa mengelolanya dengan baik, jangan sampai setelah launching dibiarkan begitu saja. Tetapi harus menciptakan inovasi-inovasi lain yang bisa membuat wisata ini semakin menarik untuk dikunjungi.

”Jangan sampai launching ini hanya ceremonial saja tanpa ada kelanjutan. Pemerin­tah wajib mengembangkan konsep wisata ini,” jelasnya.

Untuk meningkatakan per­ekonomian masyarakat, pe­merintah juga perlu melibat­kan masyarakat sekitar, teru­tama dalam penyediaan makanan serta tempat-tempat belanja. Tidak hanya itu kea­manan juga harus diperhati­kan. Sehingga wisatawan bisa nyaman.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan