Wirausaha Harus Jadi Pilihan Hidup

Tumbuhkan Jiwa Enterpreneur

59

SOREANG – Keinginan men­jadi wirausaha sudah seha­rusnya menjadi pilihan oleh seluruh masyarakat. Sebab, dengan menjadi pengusaha maka akan meningkatkan perekonomian.

Bupati Bandung H. Dadang M. Naser mengatakan, masy­arakat harus memiliki cita-cita menjadi pengusaha. Bahkan, berdasarkan sejarah kehidupan nabi Muhammad adalah sejak kecil sudah men­jadi pedagang.

Dia menilai, saat ini seba­gian besar masyarakat banyak yang bercita-cita menjadi pe­gawai negeri, padahal sebe­tulnya dengan berwirausaha akan membantu orang dengan menyerap tenaga kerja.

’’Pengangguran di Kabupa­ten Bandung berada di angka 3,92 persen. Bila jiwa enter­preneurship masyarakat me­ningkat, tentunya angka ter­sebut bisa lebih ditekan lagi,” ungkap Dadang.

Selain itu, keinginan men­jadi anggota dewan padahal belum emmiliki kemampuan dalam berpolitik. Padahal, seharusnya berprestasi terle­bih dahulu sebelum terjun ke dunia politik.

“Jimmy Carter, petani kacang. Menguasai perdagangan ke­mudian menjadi senator, lalu menjadi presiden. Saya ber­keyakinan di sini banyak pen­gusaha muda, kalau terus bergerak dan sukses maka akan menjadi pengabdi bagi masy­arakatnya. Jadi begitu ada keinginan masuk dunia poli­tik, sifatnya mengabdi bukan mencari untung,” imbuhnya.

Dadang menjelaskan, saat ini angka pengangguran di wilayah kabupaten Bandung turun menjadi 3 persen dari sebelumnya 8 persen. Namun anggka pengguran ini lebih banyak dari Pangandaran.

Pihaknya, sudah membe­rangkatkan IKM ke Singapore untuk mengikuti event disana, untuk lebih berimbang 2019 nanti dinas perindustrian ha­rus memberangkatkan IKM Kopi ke luar negeri, yakni ke Singapur, Dubai dan Meksiko, agar para IKM lebih mengenal pasar yang diluar negeri.

”Hal ini dilakukan untuk me­motivasi para ikm agar maju dan berdaya saing,” jelasnya.

Kepala Disperin Kabupaten Bandung Dra. Hj. Popi Hopi­pah mengatakan, pihaknya menggagas AMT untuk me­ningkatkan motivasi para pelaku IKM dalam menum­buhkembangkan jiwa enter­preneurship.

“Kami sangat berharap, para pelaku IKM dapat me­ningkatkan kreativitas dan inovasi. Khususnya dalam meningkatkan kapasitas pro­duksi,” kata Popi.

Dalam kegiatan tersebut, lanjutnya, dihadirkan Kisah Sukses (Success Story) dari para pelaku IKM yang diha­rapkan dapat dijadikan mo­tivasi oleh para peserta.

“Ada yang kami nilai sangat sukses, dengan omsetnya yang sudah mencapai satu miliar per bulan. Diharapkan Success Story yang kami hadirkan di sini, bisa dijadikan contoh dan motivasi tersendiri bagi para peserta,” pungkas dia. (yul/yan)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.