Waspada Ancaman Longsor di Musim Hujan

NGAMPRAH– Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bandung Barat mencatat ada delapan wilayah longsor dalam skala kecil yang terjadi selama beberapa hari terakhir. Hal itu seiring dengan intensitas hujan yang mulai meningkat dan memicu terjadinya bencana longsor di sejumlah kecamatan yang ada di Kabupaten Bandung Barat.

“Dari data yang kami terima sejak Sabtu (27/10/2018), terjadi longsor dalam skala kecil di enam kecamatan dengan jumlah kejadian sebanyak delapan titik longsor. Karena memang beberapa hari terakhir intensitas hujan cukup tinggi,” kata Kepala Pelaksana BPBD KBB, Duddy Prabowo melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik, Dicky Maulana, kemarin. 

Dia menyebutkan, laporan bencana longsor yang diterimanya sejak 27 Oktober 2018, seperti di Kecamatan Parongpong, Cililin, Sindangkerta, Cisarua, Cikalongwetan, dan Cihampelas. Dari seluruh kejadian itu tidak menimbulkan korban jiwa, hanya tanah longsoran merusak sejumlah bagian rumah warga dengan kerugian materi mencapai puluhan juta rupiah.

Dari pantauan dan informasi yang dihimpun BPBD, lanjut dia, dalam sepekan terakhir hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi mengguyur kawasan KBB secara merata. “Dengan banyaknya kejadian bencana tanah longsor ini membuat kami meminta warga agar waspada terutama saat hujan deras turun,” pungkasnya. (drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan