Warga di Bantaran Citarum Harus Memiliki Kesadaran

KATAPANG – Warga Desa Pangauban Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung akhirnya dengan ikhlas dan sukarela melakukan pembongkaran bangunan miliknya yang berada di bantaran Sungai Citarum, kemarin (25/3).

Pembongkaran ini hasil dari sosialisasi yang diberikan Prajurit Maung Siliwangi kepada masyarakat dan bukti partisipasi masyarakat dalam mendukung program Pemerintah melalui Program Citarum Harum.

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan yang ikut menyaksikan langsung pembongkaran bangunan yang dibantu oleh Prajurit Maung Siliwangi sangat mengapresiasi kesadaran dari warga yang mau membongkar rumahnya sendiri.

” Apresiasi luar biasa, peristiwa hari ini masyarakat dengan sukarela membongkar bangunan miliknya yang ada di bantaran Sungai Citarum dan harus dijadikan contoh bagi masyarakat lainnya,’’jelas Besar.

Dirinya menilai, banyaknya rumah-rumah yang berdiri di sepanjang sungai Citarum dan anak sungainya menjadi salah satu faktor sungai ini tercemar. Sebab, perilaku buruk dari masyarakat membuang limbah dan sampah rumah tangga kesungai sampai saat ini masih terus dilakukan.

Untuk mengubahnya, perlu kesadaran dengan melakukan pendekatan dan merubah pola pikir masyarakat. Sehingga, mereka tidak gampang melakukan pembuangan sampah kesungai secara sembarangan.

’’ Saya akan mengajal untuk menjadikan pinggiran sungai sebagai beranda depan rumah kita, sehingga kita akan merawat dan menjaganya dengan baik,” ucap Besar.

Kegiatan pembongkaran tersebut berada di wilayah sektor 7 di bawah kendali Dansektor VII yaitu Kolonel Kav. Purwadi, dengan melalui pendekatan persuasif dan sosialisasi door to door sehingga dapat menggugah hati masyarakat dan membuahkan hasil yang positif.

Hal tersebut harus dijadikan contoh bagi warga lain yang memiliki bangunan di bantaran Sungai Citarum sehingga terbebas dari bangunan liar. (pen/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan