Warga Buat Kendaraan Perang Dari Limbah

SOREANG – Berbagai kreativitas warga untuk memeriahkan hari kemerdekaan RI dilakukan dengan berbagai cara. Seperti halnya warga Kampung Gunung Pancir RT 02 RW 06, Desa Jelegong, Kecamatan Kutawaringin.

Meskipun dengan memanfaatkan bahan-bahan daur ulang kreasi warga ini patut mendapat pujian. Sebab, dengan kardus bekas dan kertas semen mereka berbagai miniatur kendaraan perang seperti tank, perahu dan pesawat helikopter.

Seorang warga, Cecep Sugandi, 44, mengaku, miniatur ini sengaja dibuat untuk memeriahkan HUT RI dengan berpartisipasi mengikuti kegiatan karnaval duntuk mewakili Kecamatan Kutawaringin di Lapangan Upakarti Pemkab Bandung.

Dia mengatakan, miniatur kendaraan perang tersebut, dia buat dengan rangka bambu yang kemudian untuk untuk membuat badannya ditempel kardus bekas.

“Kalau rangkanya sudah terbentuk, terus dilapisi kardus bekas dan karton bekas bungkus semen. Ditempel menggunakan lem aci (tepung tapioka) semua bahannya sangat mudah didapat,” jelas Cecep ketika ditemui kemarin. (13/8)

Setelah dilapisi kardus miniatur kemudian dicat sesuai dengan warna asli dan nuansa kemerdekaan. Bahkan, agar perahu dan helikopter bisa jalan, dia menambahkan roda lori agar mudah didorong ketika mengikuti karnaval nanti.

Cecep menambahkan, agar terkesan mirip aslinya miniatur kendaraan perang tersebut dilengkapi dengan senjata meriam yang terbuat dari batang pohon bambu. Bahkan, untuk memeriahkan dia membuat jempana untuk tempat makanan di gantung.

’’Semuanya bahannya sederhana dan tidak memakan biaya mahal, dan yang terpenting adalah makna dari peringatan hari kemerdekaan itu sendiri,”pungkas Cecep. (rus/yan)

Tinggalkan Balasan