Wali Kota Cimahi Lepas 613 Pemudik

CIMAHI – Sebanyak 613 pemudik dilepas wali kota Cimahi Ajay M. Priatna. Kegiatan itu merupakan bagian dari program Mudik Gratis Lebaran 2018 Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi yang digelar di halaman Apel Pemkot Cimahi, Selasa (12/6).

Dishub menyediakan sebanyak 12 bus. Pemudik dibagi dalam dua rombongan dengan tujuan Cimahi-Semarang via Cirebon dan Cimahi-Solo via Jogjakarta.

Ajay mengatakan, peserta mudik gratis kali ini meningkat dua kali lipat dibanding pelaksanaan mudik gratis pertama tahun 2017 lalu. Disebutkan dia, pada Tahun 2017, hanya 308 pemudik yang diangkut menggunakan delapan bus. Menurutnya, untuk mudik gratis ini pihak Dishub Kota Cimahi mengeluarkan anggaran mencapai Rp 148 juta, dari total pagu anggaran awal Rp 160 juta.

”Anggarannya dari APBD Kota Cimahi. Ke depan insyaAlloh kita akan perbaiki jika ada kekuranngannya,” katanya, usai pelepasan.

Ajay menyebutkan, pelaksanaan mudik gratis angkutan lebaran ini merupakan tahun kedua pelaksanaan. Selain bertujuan untuk meminimalisir angka kecelakaan lalu lintas, lanjutnya, mudik gratis juga sebagai bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakatnya.

”Ini salah satu kepedulian, karena moment lebaran ini moment ritual khusus. Menjadi acara tahunan,” sebutnya.

Ajay mengimbau agar para pemudik yang berangkat kali ini tidak membawa sanak saudara bila kembali Kota Cimahi. Apalagi, orang yang dibawa itu tidak memiliki pekerjaan pasti di Cimahi. ”Kami imbau, kalau di sininya belum pasti (bekerja, jangan bawa keluarga),” tandasnya.

Ditempat sama, Kepala Seksi Angkutan Dishub Kota Cimahi, Ranto Sitanggang mengungkapkan, untuk memberikan jaminan kenyamanan bagi para pemudik, sebelum diberangkatkan, dilakukan tes urine kepada para sopir bus.

”Kami bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Cimahi, sebanyak 12 sopir dilakukan tes urine. Tes urine dilakukan untuk memastikan bahwa para sopir tersebut dalam keadaan sehat dan terbebas dari berbagai jenis narkotika,” ungkapnya.

Selain tes urine terhadap para sopir, Ranto mengaku, sebelumnya, pihak dushub juga melakukan ramp check paa kendaraan yang akan digunakan.

”Kami juga menyediakan makanan bagi para peserta mudik gratis selama perjalanan menuju kampung halamannya masing-masing. Snack untuk buka di jalan kita siapkan,” bebernya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan