Visi Misi Jenderal Gatot Belum Jelas Dipahami Rakyat, Jika Maju Pilpres

Jakarta – Sejumlah tokoh politik saat ini berlomba lomba mengambil hati rakyat, untuk bisa meraih tiket capres dari partai politik yang akan mengusungnya di Pilpres 2019 mendatang.

Publik seolah ingin “menu prasmanan” di Pilpres mendatang.

Hal ini diamati bahwa Pilpres 2019 tak hanya head to head Jokowi vs Prabowo seperti Pemilu 2014 lalu.

Melainkan turut sertanya figur-figur alternatif yang memiliki visi dan misi untuk membangun Indonesia lima tahun ke depan.

Pengamat komunikasi politik dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio, mengatakan, sejumlah tokoh alternatif yang sering disebut dalam beberapa survei elektabilitas calon presiden dan wakil presiden sejatinya memiliki visi dan misi yang jelas.

Dia mencontohkan sosok mantan Menko Kemaritiman Rizal Ramli dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). 

“Dua orang ini sering mengungkapkan berbagai hal yang akan dilakukan nanti pada saat menjadi RI 1 atau 2. Abraham Samad juga pernah menyampaikan (visi) itu, tapi tidak sesering AHY dan Rizal Ramli. Rizal Ramli bahkan sering menyampaikan visi kebangsaannya saat diundang ke forum-forum internasional,” kata Hendri saat dihubungi wartawan, Sabtu (16/6).

Meskipun, kata Hendri, program-program yang disampaikan para tokoh ini relatif masih seragam. Menyoal pembangunan ekonomi, kesejahteraan rakyat dan lain-lain. 

“Teorinya kan dalam sebuah negara, demokrasi itu akan langgeng dilaksanakan  bila negara tersebut sukses melaksanakan tiga hal,” sambung dia. Ketiganya adalah pemerataan ekonomi, hukum yang tidak tebang, dan kedewasaan dalam berpolitik. 

Tiga poin inilah, menurut Hendri, yang harus menjadi fokus para calon pemimpin alternatif untuk memperbaiki bangsa.

“Ketiga hal ini sebetulnya kalau dalam berbagai survei, termasuk survei KedaiKOPI, pemerintahan saat ini lemah. Kalo kemudian pada calon presiden nanti berhasil mengungkapkan visimisi, menjalankan visi misinya untuk ketiga hal tadi saja. Saya rasa masyarakat akan kepada para kepada calon alternatif ini,” jelas founder Lembaga Survei KedaiKOPI (Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik) ini.

Hendri menilai, sosok Rizal Ramli, AHY, Anies Baswedan, Abraham Samad, TGB Zainul Majdi sudah melakukan itu. 

TGB, kata Hendri kerap menyampaikan visi misi dalam dakwahnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan