Unpas Peduli Citarum Harum

BANDUNG – Rektor Univer­sitas Pasundan Bandung H. Eddy Jusuf menegaskan, Un­pas bertekad ikut men­sukseskan program Citarum Harum sampai sungai terpan­jang di Jawa Barat itu men­jadi sungai yang benar-benar bersih. Dalam hal ini, Unpas, antara lain mengadakan Ku­liah Kerja Nyata Tematik (KKN Tematik) yang diikuti ratusan mahasiswa Unpas di sepanjang DAS Citarum.

KKN Tematik diawali di Desa Jelegong Kecamatan Kutawa­ringin Kab. Bandung selama 1 bulan pada pertengahan No­vember 2018 hingga awal De­sember 2018 dan ditutup pada hari Minggu 9 Desember 2018 oleh Rektor Unpas di aula kan­tor Kecamatan Kutawaringin Kab. Bandung.

KKN Tematik ini akan dila­njutkan dengan KKN Tematik yang tidak terbatas waktunya, mulai Januari 2019 di Citarum hulu meliputi 3 desa binaan Unpas di Kecamatan Kerta­sari Kabupaten Bandung.

Pada acara penutupan KKN hari Minggu 8 Desember 2018 di kantor Kecamatan Kutawa­ringin, Rektor Universitas Pa­sundan Bandung Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp, M.Si, M.Kom menyerahkan mesin pemecah sampah plastik, alat pembuat biopori dan sejumlah alat ke­bersihan kepada masyarakat Desa Jelegong Kec. Kutawa­ringin Kab. Bandung. Alat- alat itu diterima oleh Sekretaris Camat Kutawaringin dan Ke­pala Desa Jelegong.

Desa Jelegong Kec. Kutawa­ringin dijadikan lokasi KKN Tematik yang diikuti 250 maha­siswa Universitas Pasundan selama 1 bulan dengan tema Citarum Harum. KKN itu dise­lenggarakan Unpas bekerjasama dengan Kemenristek Dikti.

Penutupan KKN Tematik itu dihadiri pula oleh Danramil Soreang Mayor CAJ (K) Rina Martiani, S.Pd, Wakil Rektor III Unpas Dr. H. Deden Ramdan, M.Si, Ketua LPM Unpas Dr. H. Asep Dedy Sutrisno, Ketua Pa­nita KKN Dr. Evi Afiatun dan para dosen pembimbing.

Selama KKN di Desa Jelegong Kecamatan Kutawaringin, 250 mahasiswa Universitas Pa­sundan mengadakan pelatihan Pengelolaan Sampah & Mo­nitoring Kualitas Air, mem­berikan pembekalan oleh narasumber dari Unpas dan Komandan Sektor 8 Program Citarum Harum, diskusi dengan masyarakat di Kantor Kelurahan Jelegong, penyera­han Starter Kit Bank Sampah Sawargi, serta penanaman pohon & penggalian media lubang resapan biopori.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan