Unjuk Gigi Tim Basket Antar Perguruan Tinggi

Kompetisi Battle of Campus Kembali Digelar

20

BANDUNG – Setelah sukses menggelar kompetisi bola basket selama tiga musim, Battle of Campus (BOC) kembali hadir ditahun 2018. Pada musim keempatnya, turnamen bola basket antarkampus di Jawa Barat tersebut akan berlangsung di Gelanggang Olahraga (GOR) Padjadjaran Kota Bandung mulai 11-17 November 2018.

BOC sendiri merupakan kompetisi bola basket yang bertujuan untuk menjaring dan melahirkan bakat-bakat berpotensi, sekaligus sebagai upaya mengembangkan bola basket Indonesia. Dengan begitu, para student-athlete diharapkan mampu menjadi pebasket profesional.

Dengan tujuan tersebut, BOC kemudian menjaring lebih banyak para peserta mulai dari BOC Playoffs. Kompetiti BOC Playoffs diikuti 12 Tim Putra di Jawa Barat. Sistem yang digunakan adalah grup yang dibagi menjadi 4, di mana setiap juara grup melaju ke kegiatan inti, yaitu BOC 2018 di GOR Pajajaran.

ads

Ketua Pelaksana BOC 2018, Yudha Prama Jati mengatakan, kompetisi tersebut sengaja kemhali diselenggarakan sebagai upaya menjaring lebih banyak peserta di tahun 2018. Pada kompetisi BOC 2018, diikuti sebanyak 16 tim putra dan 12 tim putri dari berbagai kampus di Jawa Barat.

“Salah satunya tim putra Institut Teknologi Harapan Bangsa, juara tiga musim berturut-turut BOC,” kata Yudha di Bandung, kemarin.

Dikatakan dia, BOC 2018 sendiri juga menyelenggarakan pertandingan 3×3 dalam rangkaian kegiatan bertajuk Campus Zone di bulan Oktober 2018 di sembilan titik meliputi tiga kota, diantaranya Bandung, Cimahi, dan Tasikmalaya. Pertandingan tersebut dilakukan untuk menyambut gelaran utama, sekaligus mengenalkan BOC di seluruh kampus Jawa Barat.

“Kita juga menjaring pemenang 3×3 untuk bertanding lagi di GOR Pajajaran pada 11-17 November 2018. Nanti pertandingan 3×3 itu dimulai sebelum gelaran utama,” kata dia.

Yudha menuturkan, kompetisi BOC akan berlangsung dengan format setengah kompetisi. Untuk kategori putra, kata dia, setiap tim basket nantinya akan dibagi dalam empat pool, yakni satu tim peringkat atas di masing-masing pool serta runner-up mendapatkan hak ke delapan besar.

“Untuk putri juga sama dibagi ke dalam empat pool. Satu tim peringkat atas di masing-masing pool dapat hak ke empat besar. Pertandingan akan terus berlangsung sampai final pada 17 November 2018,” kata Yudha di Bandung, kemarin.

Perwakilan LAzone DSO Bandung, Tries Pondang mengatakan, sesuai inisiatif #LAzone yang menekan acara tersebut harus bisa mewadahi anak muda kreatif di Jawa Barat. Untuk itu, BOC 2018 juga menggelar berbagai kegiatan, di antaranya jingle battle, photo hunt, vlog battle, modern dance, sneakers Land, live music, DJ battle, dan interactive games.

“Ada beberapa penambahan pada BOC 2018. Kami ingin merangkul komunitas-komunitas, terutama dalam bidang musik, fotografi dan Videografi,” kata dia.

Tries berharap, BOC 2018 mampu berlangsung semarak dan meriah dari tahun sebelumnya. Dia juga menginginkan perubahan-perubahan yang dilakukan panitia mampu meningkatkan animo masyarakat pada kegiatan positif anak muda, baik dalam bola basket maupun kegiatan lain yang mendukungnya.

“Sehingga BOC musim ketiga ini tidak hanya menjadi ajang tahunan semata, melainkan juga menjadi wadah yang dinantikan banyak orang, terutama mahasiswa,” kata dia. (mg1/yan)

DAFTAR PESERTA;

PUTRA:
Institut Teknologi Bandung
Institut Teknologi Harapan Bangsa
Politeknik Negeri Bandung
Politeknik Pos Indonesia
Sekolah Tinggi llmu Ekonomi Ekuitas
SekoIah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia
Sekolah Tlnggi Pariwisata Bandung
Universitas Islam Bandung
Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
Universitas Jenderal Achmad Yani
Universitas Katolik Parahyangan
Universitas Padjadjaran
Universitas Pendidikan Indonesia
Universitas Siliwangi
Universitas Singaperbangsa
Universitas Swadaya Gunung Jati
Universitas Telkom
Universitas Widyatama.

PUTRI:
lnstitut Teknologi Bandung
lnstitut Teknologi Harapan Bangsa
Sekolah Tinggi llmu Ekonomi Ekuitas
Universitas Padjadjaran
Universitas Katolik Parahyangan
Universitas Pendidikan Indonesia
Universitas Siliwangi
Universitas Singaperbangsa
Universitas Telkom.

~ads~
BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.