UNBK SMK Darul Ma`arif Berlangsung Lancar

PAMANUKAN-Pelaksa­naan UNBK di SMK Darul Ma`arif Pamanukan hingga Rabu (4/4), berjalan lancar tanpa kendala.

Ketua Pelaksana UNBK SMK Darul Ma`arif, Deni Irawan mengatakan, sejak hari pertama pelaksanaan berlangsung kondusif dan aman.

“Sampai UN Bahasa Ing­gris, ya sekarang belum ada kendala. Tapi nanti kita lihat sampai hari keempat. Sam­pai Bahasa Inggris ini tidak ada masalah,” kata Deni.

Bahkan saat hari pertama terjadi kendala di beberapa sekolah di Subang, pelaksa­naan UNBK di SMK Darul Ma`arif tidak menjumpai masalah mulai dari listrik hingga server.

“Kalau UNBK biasanya sudah ada suratnya dari PLN,” tuturnya.

Deni melanjutkan, sampai saat ini pihaknya belum menerima keluhan men­genai pelaksanaan UNBK dari siswa. Sebab, segala persiapan berikut simulasi yang telah dilakukan sela­ma 3 kali merupakan bukti keseriusan pihak sekolah dalam penyelenggaraan UNBK yang ketiga kalinya di SMK Darul Ma`arif.

“Tidak ada keluhan apa-apa dari siswa. Mungkin sekarang ada essay itu. Mungkin kendalanya jawa­ban essay itu,” lanjut Deni.

Sebab, perubahan UNBK sebelumnya dengan yang dilaksanakan pada tahun ini pada soal Matematika ada soal jenis essay. Jadi perlu ada penyesuaian dari siswa dalam mengerjakan soal tersebut. Namun terkait hal itu, Deni juga menegas­kan tidak ada masalah dan kendala yang dihadapi oleh siswa.

Selain itu, Deni mengaku masih buta mengenai pan­dangan kelancaran pelak­sanaan UNBK untuk mata pelajaran teori kejuruan. Menurut Deni, hal itu dis­ebabkan saat simulasi, sekolahnya tidak menda­pat bank soal simulasi teori kejuruan untuk kurikulim 2013.

“Memang sih K2013 itu ada yang kebagian soal, ada sebagian yang tidak. Nah kita tidak kebagian,” katanya.

Meski begitu, ia tetap mengharapkan kelancaran dalam pelaksanaan UNBK SMK yang tinggal menyi­sakan satu hari lagi. Ta­hun ini siswa SMK Darul Ma`arif yang mengikuti UNBK berjumlah 671 orang. Sementara total ruangan yang dipakai sebanyak 13 ruangan yang juga dibagi dalam 3 sesi pelaksanaan.(ygi/din)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan