Ubah Pola Pikir Jadi Karyawan ke Wirausaha

57
KERAJINAN RUMAHAN: Wali Kota ajay M. Priatna mengunjungi stan pameran hasi produksi UMKM yang ada di Cimahi.

CIMAHI – Untuk membuka peluang dan kesempatan kerja, harus ada perubahan paradigma dalam mainset bahwa selepas lulus sekolah maka harus mencari kerja.

Menanggapi hal ini, Wali Kota Cimahi, Ajay M. Priatna menilai, pola pikir demikian harus diubah. Sebab, kalau pemikirannya hanya mencari kerja sampai kapanpun tetap akan menjadi bawahan atau karyawan.

Untuk itu, dia meminta kepada  masyarakat Cimahi mulai mengubah orientasi dari pekerja menjadi pencipta lapangan kerja dengan berwirausaha. Sebab dengan wirausaha, setiap orang setidaknya memiliki andil untuk mengangkat orang lain sebagai pekerjanya.

ads

’’ Kalau pengusaha atau yang wirausaha banyak nantinya akan mampu mengurangi pengangguran,” jelas Ajay ketika ditemui kemarin (10/4)

Ajay mengungkapkan, saat ini masyarakat Cimahi masih cenderung terpaku agar diterima bekerja di kantoran, maupun dengan ambisi menjadi seorang Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Mereka berpikir dengan menjadi ASN hidupnya bisa terjamin hingga masa tua. Stigma itu yang masih dipertahankan sampai saat ini,” ujarnya.

Untuk itu, lanjutnya, Iwapi sebagai wadah para pengusaha, perlu mengedukasi masyarakat, terutama kaum wanita, agar mampu mandiri dan bisa meningkatkan taraf hidupnya, tanpa ketergantungan pada pihak lain.

“Kita harapkan Iwapi ini menjadi motor penggerak kemandirian masyarakat, khususnya perempuan-perempuan di Cimahi, dan umumnya memang masyarakat  Cimahi, menjadi tulang punggung dan meningkatkan taraf hidupnya,” bebernya.

Ajay berharap, dengan adanya Iwapi setidaknya bisa meringankan tugas dari pemerintah daerah yang harus menyediakan lapangan kerja. Oleh sebab itu pemerintah mendorong keberadaan Iwapi.

“Ini juga disinergikan dengan program pemerintah yang memudahkan izin pendirian UMKM dan menggratiskannya. Kita juga sediakan showroom, untuk memamerkan produk UMKM masyarakat itu,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Iwapi Kota Cimahi, Ami Sutisna mengatakan, sebagai ikatan pengusaha yang didalamnya terdiri sekitar 160 anggota, Iwapi berharap mampu melahirkan banyak pelaku UMKM baru yang akhirnya mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat Cimahi.

“Sejauh ini kita sudah bersinergi dengan program pemerintah, dan alhamdulillah mendapatkan dukungan penuh. Memang anggota yang aktifnya hanya separuh dari keseluruhan, tapi tetap optimis mampu melahirkan pelaku usaha baru,” pungkasnya. (ziz/yan)

~ads~
BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.