Tutup Jalan Berlubang dengan GTL

BOJONGSOANG – Bupati Bandung Dadang M. Naser, memimpin langsung Gerakan Tutup Lobang (GTL) serentak, yang dilakukan di 31 Kecamatan Kabupaten Bandung. Agenda yang digagas Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) tersebut dilakukan untuk mengantisipasi kecelakaan yang disebabkan jalan rusak.

“ Selain dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kabupaten Bandung hari besar lain setiap tahunnya, GTL ini diinisiasi DPUPR untuk menurunkan angka kecelakaan akibat kerusakan jalan,’’jelas Dadang ketika ditemui di lokasi acara kemarin (11/4)

Dia memaparkan, kegiatan ini dilakukan serentak di seluruh wilayah yang terdapat kerusakan jalan di wilayah Kabupaten Bandung.

Menurutnya, GTL merupakan komitmen Pemkab Bandung untuk mewujudkan jalan mantap. Nantinya, saat ini realisasi kondisi jalan mantap sudah mencapai 90 persen dengan panjang jalan Kabupaten Bandung 97.350 Kilometer.

Menurutnya, pembangunan infrastruktur sudah baik, namun karena sifatnya dinamis oleh kondisi cuaca yang buruk juga volume kendaraan yang cukup banyak, tentu akan ditemukan beberapa jalan yang rusak lagi.

“ Kondisi cuaca dan volume kendaraan yang semakin banyak, meski pembangunan sudah baik, jalan kembali rusak. Kami mengusulkan kepada Gubernur yang akan terpilih nanti, sebaiknya sudah saatnya dilakukan pembangunan jalan layang dari perbatasan Jl. Buah Batu sampai Baleendah, karena itu kewenangan Provinsi sebagai upaya mengurangi kemacetan,” kata dia.

’’ Jadi pembangunan infrastruktur yang sifatnya permanen sudah dipersiapkan. Dengan kerja sabilulungan bersama seluruh jajaran,” kata dia.

Sementara itu, Kepala DPUPR Agus Nuria menjelaskan, agenda GTL yang dilakukan serentak tahun ini , secara simbolis dilakukan Bupati di 7 titik GTL, yakni Jl. Parungserab Kecamatan Soreang, Jl. Gandasari Kecamatan Cangkuang, Jln.Lebakwangi Kecamatan Banjaran, Jl. Arjasari- Garduh Kecamatan Arjasari, Jl. Solokanjeruk-Rancakasumba Kecamatan Solokanjeruk, Jl. Sapan-Tegalluar, dan berakhir di Jl. Tegalluar-Rancaoray.

“GTL ini kita lakukan secara bertahap untuk jalan rusak di seluruh Kecamatan, Bapak Bupati turun langsung terlibat melakukan GTL dengan kerja sabilulungan,’’ ujar Agus.

Di titik awal tadi Pak Bupati bersama Dandim 0609 Letkol Arh. A. Andre Wira Kurniawan, Kapolres Bandung, AKBP Indra Hermawan dan warga, bersama-sama mengotong pasir dan batu (Sirtu).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan