Tukang Ojek Dijadikan Duta Keselamatan

CIMAHI – Sebanyak 300 pengemudi yang berprofesi sebagai ojek dikumpulkan oleh Polres Cimahi untuk diberikan pembinaan mengenai keselamatan berlalu lintas sekaligus menjadi pelopor untuk ikut menyosialisasikan ke masyarakat.

Kasatlantas Polres Cimahi AKP Suharto mengatakan, kegiatan ini adalah bagian rangkaian operasi keselamatan lodaya 2018, Mereka sengaja dikumpulkan untuk diberikan pemahaman mengenai keselamatan berlalu lintas di jalan raya.

’’ Jadis kepada tukang ojek ini kita berikan pemahaman kepada mereka agar bisa mematuhi dan taat pada aturan dalam berlalulintas,” jelas Suharto ketika ditemui kemarin (14/3)

Dia menyebutkan, pada 2016 angka kecelakaan lalu lintas mencapai 487 dengan korban meninggal 138 orang. Sementara pada 2017 ada 484 kejadian yang meninggal 88 orang atau mengalami penurunan sekitar 36 persen.

Pada angka kecelakaan tersebut lanjut dia, paling banyak adalah kecelakaan sepeda motor, dengan korban paling banyak dari kalangan swasta 376 orang, pelajar/mahasiswa 146 orang.

’’Angka kecelakaan yang mengakibatkan meninggal dunia tahun lalu turun. Kami harap dengan mengajak pengemudi ojeg untuk menjadi pelopor berkendara, angka kecelakaan terus menurun,’’ kata dia.

Untuk itu, dengan diselenggarakan acara ini harapannya pengemudi ojek harus menyampaikan pesan keamanan berlalu lintas ini. Baik kepada lingkungannya, masyarakat, termasuk penumpang. Minimal bagaimana mereka aman berkendara di jalan raya, salah satunya dengan memakai helm.

Sementara itu, Pj Kantor Pembantu Jasa Raharja Cimahi Heru Senjaya menyebutkan, pihaknya membawahi wilayah Cimahi, Soreang, dan Sumedang, selalu bekerja sama dengan pihak polisi dan rumah sakit dalam hal pemberian santunan.

Berdasarkan ketentuan per 1 Juni 2017 santunan bagi korban meninggal naik dari asalnya Rp2 5 juta menjadi Rp 50 juta.
Bahkan, sepanjang 2017 untuk wilayah Cimahi, Soreang, dan Sumedang, telah menyalurkan jasa raharja untuk 487 korban meninggal sebesar Rp 19.325.000.000,’’ jelas dia. (bbs/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan