TPA Cibeureum Bisa Jadi Tempat Wisata

SUMEDANG – Kawasan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Cibeureum di Desa Cibeureum Wetan Kecamatan Cimalaka, dinilai sangat berpotensi apabila dijadikan sebagai salah satu tempat wisata di Sumedang. Hal itu disampaikan Pjs Bupati Sumedang Sumarwan Hadisumarto saat melakukan kunjungan ke lokasi TPA Cibeureum, belum lama ini.

Menurut Sumarwan, selain letaknya berada di kaki Gunung Tampomas yang memiliki pemandangan alam yang indah, di sekitar TPA itu telah banyak berdiri agrobisnis pertanian. Seperti perkebunan Buah Naga dan area pertanian sayuran yang dapat menjadi penunjang bagi sebuah kawasan agrowisata.

Setelah melihat secara langsung ke lokasi TPA, Sumarwan mengaku sangat yakin bila kawasan tersebut memiliki potensi yang luar biasa untuk dijadikan sebagai tempat wisata sampah.

“Jika melihat suasana alam di sini, tidak menutup kemungikan kedepannya kawasan ini bisa dijadikan tempat wisata,” ujarnya.

Pembentukan tempat wisata itu, tentu tidak harus dibuat seperti tempat-tempat wisata yang mewah pada umumnya. Tetapi, bisa pula disesuaikan dengan ikon yang ada di sekitar lokasi TPA tersebut.

Dikatakan Sumarwan, karena daerah ini merupakan kawasan TPA, maka tumpukan sampah itulah yang nantinya harus dijadikan ikon pada objek wisatanya. Misalnya, ditata sebagai lokasi wisata untuk kepentingan pendidikan atau jenis wisata lain yang memang tidak menghilangkan esensi dari lokasi pembuangan sampahnya.

Sebab, kata dia, apabila lokasi tersebut nantinya dijadikan tempat wisata sampah, paling tidak keberadaannya bisa menjadi sebuah sarana untuk sosialisasi kepada masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

“Nanti lah saya omongin dulu dengan bupati baru (H. Dony Ahmad Munir). Wisata sampah ini kan bisa dilakukan bersama-sama oleh seluruh unsur Forkopimda Kabupaten Sumedang untuk mengawalinya. Karena, saya pikir kan berwisata itu tidak melulu mesti ke mall (pusat perbelanjaan) atau ke Alun-alun saja, sekali-kali kan bisa ke lokasi seperti ini,” ujarnya. (atp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan