TP PKK Kecamatan Ujung Tombak Literasi

SOREANG – Bertepatan dengan datangnya bulan membaca yang jatuh pada 14 Aeptember 2018 Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Bandung kembali menyosialisasikan agar mendorong budaya literasi.

Ketua TP PKK Kabupaten Bandung Hj. Kurnia Agustina Dadang M. Naser mengatakan, gerakan literasi adalah program yang sudah dilakukan secara berkesinambungan.

Gerakan ini merupakan keterpaduan swadaya masyarakat. Dengan didorong oleh TP PKK Kecamatan sebagai garda terdepan untuk membina dalam bentuk pemberdayaan masyarakat dam membudayakan literasi keluarga.

“TP PKK Kecamatan itu penggerak literasi keluarga, selain melaksanakan tugas dan fungsinya, tugas ini sesuai juga dengan program prioritas pemerintah yakni pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM),” kata Kurnia ketika ditemui kemarin. (17/9).

Dia menilai, pada bulan membaca kali ini, perlu adanya peningkatan minat baca di masyarakat dengan bentuk kunjungan ke perpustakaan atau minat baca di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di tingkat desa dan kecamatan.

Untuk memicu masyarakat gemar membaca, kita sudah melakukan beberapa program, baik bersama perangkat daerah, swadaya masyarakat melaui TBM, juga melalui aktivitas mendongeng bagi anak usia dini.

’’Apresiasi kita berikan kepada swadaya masyarakat penggiat literasi. Karena semangatnya terus menggelora, menularkan virus kebaikan, melibatkan anak paud, para ibu guru dan orangtua murid,” ucap perempuan yang di sapa the Nia ini.

Selain itu, dukungan budaya literasi juga diberikan oleh Pegawai Negeri Sipil. Dimana, PNS berkontribusi positif dengan mewakafkan buku bermanfaat ke Perpustakaan. Bahkan, tidak mau ketinggalan, para penerbit juga menyumbangkan bukunya yang didistribusikan ke TBM di beberapa wilayah.

Kurnia berharap,  program tersebut dapat meminimalisir terhadap  pengaruh buruk dari kebiasaan anak yang suka bermain gadget, anak akan tergerak untuk mau membaca buku, tentunya dengan  dukung lingkungan dan keluarga.

“Dengan pelantikan ini, saya harap penggerak PKK di Kecamatan bisa meningkatkan jaringan kerjasama untuk terus menggali potensi,” kata dia.

Ditemui ditempat berbeda, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kabupaten Bandung Tri Heru Setiati menyebutkan, agenda bulan membaca dan kunjungan perpustakaan sudah dilakukan dengan berbagai program di antaranya layanan Mobil Perpustakaan keliling (MPK), wisata literasi, pertunjukan dongeng, dan masih banyak kegiatan lainnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan