Tingkatkan Potensi Desa dengan Wirausaha

BANDUNG – Untuk meningkatkan minat di dunia usaha bagi mahasiswa Universitas Langlangbuana (UNLA) yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) perlu diberikan pelatihan kewirausahaan.

Pelatihan digelar dengang mengadakan seminar dengan tema Pengenalan dan Pengembangan UMKM dan Bisnis Online pada Kamis, 23 Agustus 2018, di Balai Desa Jatiluhur Jalan Ir. H. Juanda, Jatiluhur, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta.

Tampil sebagai pembicara pada acara tersebut adalah Ervan Radian dan Yudha Triansyah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Reinaldy Ramadhan mahasiswa Fakultas Hukum UNLA yang memiliki usaha di bidang fashion dan Misbah seorang pengusaha muda.

Dosen Pembimbing Lapangan KKN UNLA mengatakan, acara ini sangat penting untuk mendorong tumbuhnya wirausaha baru di Desa Jatiluhur. Sehingga, dapat mengatasi persoalan lapangan perkerjaan di masyarakat.

’’Alhamdulillah semua rangkaian acara dari mulai narasumber dan proses pembinaan usaha kecil menengah di Desa Jatiluhur dilaksanakan oleh mahasiswa KKNM Universitas Langlangbuana, tegas Zakiyuddin.

Menurutnya, Seminar ini merupakan salah satu rangkaian program kerja yang digagas oleh kelompok 15 KKN mahasisawa Unla selama 40 hari. Kegiatan lainnya yang telah dilaksanakan antara lain lokakarya awal sebagai identifikasi dan verifikasi potensi desa, serta pemberdayaan pemuda untuk berperan aktif dalam pembangunan Desa.

Pada seminar tersebut salah satu pembicara Yudha menjelaskan, tentang peluang bisnis dan usaha kecil menengah yang bisa dikembangkan di Desa Jatiluhur.

Dia memaparkan mengenai potensi desa yang ada di Jatiluhur harus dimaksimalkan. Sebab, bila dilihat dari potensinya di desa Jatiluhur ada pengolahan pisang dan limbah kain dari perusahaan textil.

’’Ini bisa kita oleh dan dijadikan barang-barang yang bernilai ekomonis lebih baik,”kata dia.

Sementara itu pembicara lainnya Ervan menjelaskan, mengenai tehnik memasarkan produk-produk unggulan khususnya produk yang ada di Desa Jatiluhur dengan memanfaatkan sosial media.

Sedangkan pengusaha muda Misbah dan Reinaldy berbagi pengalaman dengan menjelaskan tips dan trik bagaimana cara untuk memulai usaha baru. (rls/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan