Tingkatkan Porsi Latihan

BANDUNG – Jelang pertandingan melawan Tim Basket Putra SMAN 5 Karawang dalam laga Big Four Honda DBL West Java Series 2018 di GOR Padjadjaran (2/9) hari ini, Tim Basket Putra SMAK BPK Cirebon terus mempersiapkan diri sebaik mungkin dengan tidak mengurangi porsi latihan para pemainnya.

Pelatih Tim Basket Putra SMAK BPK Cirebon, Hengky menyatakan, optimalisasi porsi latihan yang dilakukan tersebut dikarenakan pihaknya tidak mengetahui strategi dan kekuatan lawan yang akan dihadapi. Untuk itu, dirinya memilih memanfaatkan waktu agar para pemain terus berlatih.

“Persiapannya kita seperti biasa, soalnya kita juga tidak tahu kekuatannya SMAN 5 Karawang ya, tapi kita tetap fight,” kata Hengky kepada Jabar Ekspres, kemarin.

Menghadapi SMAN 5 Karawang, Hengky tetap menekankan pada anak asuhnya untuk fokus bermain dan melakukan defense dengan baik. Selain itu, dirinya juga meminta semua pemain menambah agresivitas dalam bermain supaya mampu memenangkan pertandingan.

“Untuk offense saya tetap kasih kebebasan ke mereka, tapi masih tetap di dalam sistem,” ungkapnya.

Hengky mengaku tidak memiliki strategi yang dipersiapkan khusus dalam pertandingan lawan SMAN 5 Karawang. Sebab, ketidaktahuan akan kekuatan lawan menjadi kendala dirinya untuk mempersiapkan strategi. Menurut Hengky, dia baru bisa menyiapkan strategi setelah melihat permainan yang dilakukan lawan.

“Mungkin besok (hari ini) waktu pertandingan kita baru bisa mengatur strateginya,” kata dia.

Namun, Hengky juga tetap melakukan evaluasi terhadap pemainnya berdasarkan pertandingan sebelumnya. Hengky menilai pemainnya belum mampu mengatur ritme permainan. Sehingga, pada pertandingan sebelumnya, kata dia, para pemainnya dinilai tergesa-gesa dalam bermain meskipun memiliki skor unggul.

“Evaluasi kita banyak tone oper, di fundamental atau basic-nya. Anak-anak pegang bola sering lepas, pashing-nya salah, terus terlalu buru-buru untuk offense-nya,” paparnya.

Hengky menegaskan, dalam Tim Basket Putra SMAK BPK Cirebon, para pemain harus selalu siap dimainkan dan tidak dimainkan. Sehingga, tidak ada istilah pemain yang diunggulkan atau cadangan. Dirinya mengaku tidak menganggap lemah kekuatan lawan, tetapi Hengky sangat mampu memenangkan pertandingan.

“Diantara 12 pemain itu semua harus siap, gak ada pemain starter, gak ada, semua harus siap dan saya optimis menang,” tandasnya. (mg1)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan