131

Tingkatkan PAD Melalui Jasa Konstruksi

Jasa kontruksi
DATANGKAN PAD : BUMD milik Pemkab Bandung Barat akan meningkatkan PAD. Salah satunya dengan membidik bisnis baru yakni jasa konstruksi.

NGAMPRAH – PT Perdana Multiguna Sarana (PMgS) yang merupakan BUMD milik Pemkab Bandung Barat mulai melebarkan bisnisnya ke bidang jasa konstruksi. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) selain dari pelayanan bisnis air bersih yang selama ini sudah berjalan. “Kami ingin terus berinovasi mengembangkan bisnis di perusahaan ini. Makanya kami mencoba untuk terjun pada jasa konstruksi atau penyediaan sarana prasarana untuk menunjang pendapatan di perusahaan kami. Karena kalau hanya berbisnis di air saja masih belum bisa menutup operasional kami,” kata Direktur PT PMgS Denny Ismawan di Ngamprah, kemarin.  

Menurut dia, rencana ini akan direalisasikan setelah mendapatkan persetujuan dari pemegang saham dalam hal ini bupati. “Teknisnya nanti kita akan buat anak perusahaan khusus menangani soal jasa konstruksi ini dan kebetulan karyawan kami ada yang memiliki pengalaman soal hal itu. Kita juga nantinya bermitra dengan pihak lain ada pembagian sahamnya dan ujungnya kita dapat pendapatan untuk daerah,” ujarnya.

Dia memandang, sebagai perusahaan yang berdiri sejak 2011 lalu tersebut harus mengembangkan segala potensi bisnis yang bisa mendatangkan pendapatan baru. Saat ini, sebut dia, bisnis dari pengelolaan air bersih terus mengalami perbaikan. Ke depan, tidak hanya jasa konstruksi namun bisnis lainnya seperti pariwisata bisa digarap. “Yang terpenting itu sudah sesuai dengan aturan agar BUMD ini bisa menghasilkan PAD bukan hanya menerima hibah saja,” katanya.

Selain itu, sambung dia, dalam menghadapi hari kemerdekaan, pihaknya akan memberlakukan promo atau diskon bagi pelanggan baru yang akan memasang sambungan langsung (SL). “Kita menargetkan jumlah pelanggan bisa terus bertambah. Saat ini jumlah pelanggan hanya 3.000 pelanggan. Mudah-mudahan melalui promo atau diskon bisa menambah pelanggan lebih banyak,” katanya seraya menyebutkan saat ini pipa air milik BUMD yang sudah terpasang sepanjang 160 kilometer dengan aliran air dari Sungai Cijanggel Kecamatan Cisarua dan Cibanteng di Kecamatan Cikalongwetan. (drx)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.