Tingkatkan Layanan dengan One Day Service

CIMAHI– Untuk mempercepat pelayanan pembuatan administrasi kependudukan terhadap masyarakat, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cimahi terus berbenah dan berinovasi. Salah satunya dengan membuat program one day service.

Program one day service tersebut, untuk mempercepat pelayanan seperti pembuatan Kartu Indonesia Anak (KIA) yang sudah dilaksanakan dan sudah bisa selesai dalam satu hari bahkan satu jam.

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Disdukcapil Kota Cimahi, Ade Hidasah, mengatakan, pelayanan tersebut bisa dipercepat lantaran pihak disdukcapil Kota Cimahi melakukan pelayanan on the spot melalui pelayanan mobil Disdukcapil keliling, terutama ke setiap kelurahan.

“Itu sudah dilaksanakan, tapi untuk yang lain juga seperti pemutahiran Kartu Keluarga (KK) lama menjadi baru juga sudah dilaksanakan dalam sehari selesai,” ujar Ade saat ditemui di Komplek Perkantoran Pemkot Cimahi, Jalan Demang Hardjakusuamah, Kota Cimahi, belum lama ini.

Ade mengatakan, dalam program tersebut disdukcapil Kota Cimahi telah menyiakan tanda tangan, sehingga masyarakat bisa langsung dilayani dan masyarakat bisa menerima KK itu dalam satu hari. “Jadi masyarakat tidak usah lagi ambil kesini dan mengurus segala macamnya karena untuk KK memang masuk dalam program ini,” katanya.

Menurut Ade, sebenarnya, program tersebut bukan inovasi baru dan sudah dimulai sejak tahun 2016, namun saat itu ada kendala blanko Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang bermasalah.

“Jadi kita belum melaksanakan secara penuh karena ada permasalahan dalam blanco KTP, tapi setelah blanko KTP lancar sekarang dilaksanakan kembali,” kata Ade.

Untuk perekaman dan pencetakan KTP Elektronik tahun 2018, kata dia, saat ini bisa dilaksanakan dan bisa selesai dalam satu hari. “Jadi di Kecamatan direkam dan bisanya bisa diambil keesokan harinya karena menunggu banyak, tapi sekarang bisa direkam dan langsung dicetak disini sehingga bisa selesai satu hari,” ujarnya.

Tak hanya itu, pihaknya jug bisa mempercepat pembuatan dokumen kependudukan untuk disabilitas dan lansia yang bisa diselesaikan dalam satu hari. Dan untuk masayarakat yang hendak mengurus dokumen kependudukan melalui one day service harus menyiapakan perlengkapan secara lengkap agar bisa dilaksanakan dalam satu hari.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan